Kisah dikubur sembilan kali dan mbah bolong yang dapat memperlihatkan kiblat dari pengimaman

 


1.MBAH SOLEH
        Kisah ini adalah sebuah keajaiban yang tak ada duannya , ada seorang manusia dikubur hingga  9 kali ini bukan cerita buatan melainkan ada bukti-buktinya .Disebelah timur Mesjid Agung Sunan Ampel ada sembilan kuburan , itu bukan kuburan sembilan orang akan tetapi hanya kuburan seorang yaitu murid Sunan Ampel yang bernama Mbah Soleh.
         Begini ceritannya , Mbah soleh adalah tukang sapu Mesjid Agung Sunan Ampel dimasa hidupnya Sunan Ampel .Apabila menyapu lantai mesjid sangatlah bersih sekali sehingga orang yang sujud di mesjid tanpa sajadah tidak merasa adanya debu.
          Ketika Mbah Soleh wafat beliau dikubur didepan mesjid,ternyata tidak ada santri yang sanggup mengerjakan pekerjaan Mbah Soleh yaitu menyapu lantai mesjid dengan bersih sekali .Maka semenjak ditinggal Mbah Soleh  lantai mesjid pun mejadi kotor..Kemudian terucaplah kata-kata Sunan Ampel "Bila Mbah Soleh masih hidup tentulah mesjid ini menjadi bersih".
          Mendadak Mbah Soleh ada di pengimmaman mesjid sedang menyapu lantai .Seluruh lantai pun menjadi bersih kembali.Orang-orang pada heran melihat Mbah Soleh hidup kembali.
          Beberapa bulan kemudian Mbah Soleh wafat lagi dan dikubur disamping kuburannya dahulu.
Mesjid kembali kotor lagi ,lalu terucaplah kata-kata Sunan Ampel seperti dahulu , Maka Mbah Soleh pun hidup kembali, hal ini berlangsung beberapa kalisehingga kuburannya ada 8 , pada saat kuburannya ada 8 Sunan Ampel wafat.Beberapa bulan kemudian Mbah Soleh wafat , sehingga kuburan Mbah Soleh ada 9 .Kuburan yang terakhir berada paling ujung timur.
2.MBAH SONHAJI
          Mbah Bolong atau Mbah Sonhaji,Mbah Bolong ini bukan sekedar  gelar biasa atau olok-olokan.Beliau juga murid Sunan Ampel yang juga mempunyai karomah luar biasa.
Begini ceritanya , pada waktu pembangunan Mesjid Sunan Ampel,Mbah Sonhaji lah yang ditugasi mengatur letak pengimamannya .Sonhaji bekerja dengan tekun dan penuh perhitungan , jangan sampai letak pengimamannya itu tidak menghadap arah kiblat.Tetapi setelah bangunannya jadi banyak orang meragukannya."Apa betul letak pengimamannya ini meghadap arah kiblat?"tanya orang yang meragukan pekerjaan Sonhaji.
         Sonhaji tidak menjawab melainkan melubangi dinding pengimamannya sebelah barat lalu berkata "Lihatlah kedalam lubang ini , kalian akan tahu apakah pengimaman ini sudah menghada kearah kiblat atau belum?"
         Orang- orang itu segera melihat kedalam lubang yang dibuat Sonhaji .Ternyata didalam lubang itu mereka dapat melihat kabah yang di Mekah . Orang-orang pun kagum semua.
          Sejak itu orang-orang pu tidak menganggap remeh Sonhaji.Dan Sonhaji pun mendapat julukan menjadi Mbah Bolong.
          Makam Mbah Bolong berada dimuka Mesjid Agung Sunan Ampel.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisah dikubur sembilan kali dan mbah bolong yang dapat memperlihatkan kiblat dari pengimaman"