Cerita singkat Para Pencari Tuhan(PPT) Jilid 1-11

Cerita singkat Para Pencari Tuhan(PPT) Jilid 1-11
Sudah pada tahu ngga ? Para Pencari Tuhan yang disingkat dengan PPT ternyata sudah memasuki   11 tahun *mannggut-manggut*. Nah sinetron tuntunan di bulan Ramadhan selalu menjadi favorit saya menemani sahur yang ditayangkan di SCTV , sangat seru dan top berikut cerita singkat Para Pencari Tuhan :

Jilid 1 (2007)

     Saya tertarik menonton film ini karena ada Dedi mizwar dan sicantik Zaskia A. Mecca yang sebelumnya terlibat pada sebuah proyek film " Kiamat Sudah Dekat" yang menceritakan seorang anak Rock jatuh cinta pada anak Pak Haji . cerita yang sederhana , lucu karena disitu ada Kipli dan Saprol , tontonan sekaligus tuntunan .Sama halnya dengan sinetron Para Pencari Tuhan.
    Cerita berawal dari tiga pemuda yang baru keluar dari penjara yakni Barong , Chelsea dan Juki yang memutuskan untuk berpisah dan mengarungi hidup masing - masing.
  • Barong
Setelah keluar dari penjara kemudian kembali ke abang seorang mavia pencuri , akan tetapi pulang ke abang nya tersebut barong tidak diterima lagi oleh abangnya , karena barong anak buahnya banyak yang ditangkap Polisi
  • Chelsea
Chelsea mantan pengedar narkoba itu pulang kepada rumah mantan istrinya Marni, maksud hati ingin mengajak rujuk , tetapi Marni tidak mau , karena Marni sudah nikah dengan orang lain yakni sama Polisi yang menangkapnya dan menjebloskannya ke Penjara 
  • Juki 
Sementara Juki yang pulang kerumahnya , emaknya tidak menerimanya pulang kerumah dan mengusirnya karena emaknya malu punya anak seorang pencopet.

     Takdir mempertemukan kembali Barong , Chelsea dan  Juki. Pada waktu itu ketiga sahabat itu sama-sama tidak puasa dan kelaparan , mencari kesana kemari mencari warung yang buka tidak ada , akhirnya terdengar suara adzan dari mushola . Kemudian mereka pura-pura wudlu untuk minum , dan akhir ketahuan oleh bang jack merbot mushola At-taufik.Kemudian Bang Jack mengajarkan ketiganya berwudlu dan mengajaknya sholat berjamaah . Dari sinilah cerita ketiganya dimulai menjadi merbot dan membantu bang Jack merawat tanaman dan menjual  bunga-bunga .
   Beralih pada pemain lainnya yaitu aya yang diperankan oleh Zaskia A mecca , Aya menyimpan rasa sakit kepada Azzam (teman masa kecilnya ) karena pernah mengatainya g**l*k . Meskipun Azzam telah meminta maaf dan mencoba melamar aya berkali-kali , namun aya tetap pada pendiriannya untuk mengabaikan Azzam.
    Kehadiran ustad Fery serta istrinya turut meramaikan cerita pada Para Pencari Tuhan jilid 1 ini dimana Ustad Fery yang ngebet sekali ingin ceramah didepan TV ,tetapi mendapat penolakan dari istrinya itu yang merupakan Kakak kandung dari Aya.
   Selain itu , kehidupan Asrul yang bisa dikatakan tidak mampu menyajikan cerita dimana perjuangan bertahan hidup , Dalam episode ini , Asrul pernah menawarkan genteng rumah kepada bang Jack untuk dijual agar keluarganya tidak kelaparan.Dalam PPT Jilid 1 ,Asrul dipasangkan menjadi sahabat Udin si Hansip
     Pak Jalal istrinya dan Kalila menjadi tambah seru cerita ini ,karena pak Jalal yang memiliki sifat selalu merendahkan orang lain ini seperti Asrul dan Udin  yang membuat semakin greget saja.
    Demikian gambaran tokoh-tokoh dalam sinetron Para Pencari Tuhan . Dalam ending cerita PPT jilid pertama ini Bang Jack mengalami kesendirian di malam Idul Fitri, karena Juki mengunjungi emaknya karena emaknya mau menerimanya kembali , Barong pergi setelah mendapat kabar bahwa abangnya telah tewas tertembak Polisi dan sementara Chelsea menemui Marni.Sementara itu Aya dan Azzam baikan.

Jilid 2 (2008)

    Pada PPT jilid 2 ini setting waktunya adalah kehidupan sehari-sehari berbeda dengan yang pertama , yang pertama setting waktunya pada bulan puasa .Pada jilid 2 ini menceritakan tentang hubungan Aya dan Azzam yang dibalut dengan kata-kata romantis , bahkan mereka berdua membuka percetakan . dan salah satu kata-kata romantis adalah :
"Kamu terlau meremehkan diri kamu ,asal kamu tahu , satu senyuman saja dari kamu , sudah membuat saya berdoa dan bermimpi . Dan doa saya kumpulkan satu per satu dan hanya saya saja yang tahu . Saya sendiri tidak tahu , bagaimana membalas semua keindahan yang kamu berikan untuk saya." Muhammad Azzam
    Sikap Aya yang menunda-nunda pernikahan dengan Azzam membuat Azzam bermain api dengan keponakan pak Jalal yaitu Kalila
    Bang Jack dilema ketika dia sedang berusaha menabung untuk berangkat haji dan ia juga sedang mempersiapkan ketiga muridnya untuk menggantikannya selama kepergiannya.Dilema tersebut tatkal Asrul membutuhkan uang untuk biaya istrinya yang sakit di Rumah Sakit,Asrul tidak mau menerima bantuan dari siapa pun kecuali dari bang Jack, Bang Jack bingung apa harus merelakan uang yang selama ini ia tabung untuk membantu Asrul , dan akhirnya bang Jack merelakan uangnya.
     Namun bersyukur dengan kisah Bang Jack yang ingin berangkat haji berujung manis , Pak Jalal yang hendak berangkat haji , mengajak Bang Jack , Barong , Chelsea dan Juki untuk pergi ke tanah suci bersama-sama.
Para Pencari Tuhan Jilid 2 ini seru ditambah kedatangan tokoh baru yakni Baha yang diperankan Tora Sudiro, baha merupakan sahabat asrul sejak kecil . Dan muncul Trio Trouble Maker Pak RW , Akim dan Pak Yos ketiganya selalu mencari celah dari segala proyek dan menguntugkan secara finansial.

Jilid 3 (2009)

Cinta segitiga Azzam , Aya dan Kalila semakin memanas , ketika Azzam menyalaka api perselingkuhan dengan Kalila. Bahkan Azzam memutuskan hubugan dengan Aya dan memutuskan untuk menikahi Kalila . Memang sih Aya memilih mundur dari cinta segita tersebut namun perasaan kasian masih tertuju pada Aya .Di Ending episode PPT Jilid 3 ini menceritakan bahwa ketika hendak ijab kabul pernikahan Kalila dan Azzam , Kalila menyerahkan posisi mempelai pengantin wanita kepada sahabatnya sendiri Aya.

Pas ketika Pak Jalal hendak megucapkan Ijab , Kalila memotong dengan satu ayat dari surat Annisa 
"Dan jika kamu takut tidak akan berlaku adil terhadap(hak-hak)perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya),maka kawinilah wanita-wanita (lain)yang kau senangi dua , tiga , atau empat .Kemudian jika kamu takut tidak dapat berlaku adil , maka (kawinilah) seorang saja , atau budak-budak yang kamu miliki.Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya" (QS.AN-NISA [4]:3)

     Percintaan Chelsea dengan Marni makin hari makin bersemi sama hal nya dengan Barong dengan Dara (karyawan percetakan).Sementara Juki masih dirundung dengan kejombloannya.
Kedatangan Pak Jalal , Bang Jack , Barong , Chelsea Dan Juki dari ibadah haji dari tanah suci menyulutkan  semangat Asrul dan Udin untuk beribadah haji ke tanah suci . Untuk biaya ibadah haji Asrul mendapat bantuan dari Baha  yang menginfakkan uangnya ke Baitul Mal sebelum meninggal.

Jilid 4 (2010)

    Pada Jilid 4 Pak Jalal jatuh miskin karena perusahaannya terjerat hutang , sebaliknya Asrul mengalami peningkatan ekonomi dengan berjualan soto batak. Kehidupan dikampung kincir semakin rame dan mengalami perubahaan setelah salah seorang warga kampung kincir yang bernama Bontr menemukan uang sekoper , dengan penemuan uang sekoper tersebut memicu perselihan antar warga .Apalagi trio RW yang kebanyakan intrik untuk mendapatkan uang tersebut , namun selalu gagal.Kalau kehidupan Aya dan Azzam yang sudah berkeluarga masih saja diselimuti bayangan Kalila.

Jilid 5 (2011)

     Pada Jilid 5 menceritakan rumah tangga Udin yang istrinya meminta cerai, sementara Pak Jalal sedang menikmati kesederhanaan di gubuknya dimana ia tinggal .Sementara Bang Jack menaruh hati terhadap ibunya Azzam yang bernama tante widya , ibunya Azzam enggan untuk menikah lagi dan memilih setia dengan hanya menikahi papanya Azzam yang sekarang sudah meninggal.Kalau rumah tangga Azzam dan Aya masih sama , masih dibayang-bayangi oleh Kalila , sementara ibunya Azzam lebih menyukai Kalila karena dia periang berbeda dengan Aya yang terlalu serius.Nah berbeda dengan kehidupan baru ketiga murid bang Jack ini mereka tidak lagi menjadi merbot tapi sekarang merintis menjadi selebritis , Bang Jack ditinggal sendiri di Mushola dan dinilai warga tidak bisa mengelola mushola karena makin hari makin sedikit jemaah mushola.


Jilid 6 (2012)

    Pada PPT Jilid 6 ini , warga kampung kincir menghadapi persoalan tentang warganya yang keranjingan jejaring sosial facebook . Hal ini tentu mengganggu aktifitas keseharian mereka , karena sedikit -sedikit update status dan upload photo , sampai-sampai , karena ulah warga yang seperti itu ustad Ferry mengatakan bahwa kiamat kecil bakal turun dikampung mereka.
    Semenjak Aya memutuskan untuk menjadi IRT , cemburunya makin bertambah bukan hanya pada Kalila tetapi juga pada karyawati single yang mengganti posisinya dikantor.Untuk bang Jack dia mendapatkan pesaing tangguh dari om wijoyo yang sama-sama menginginkan tante Widya mamahnya Azzam. Ketiga muridnya Barong , Chelsea dan Juki sedang menikmati karier mereka yang menanjak.bahkan Chelsea dan Marni menikah , Barong dengan Dara , akan tetapi Juki masih betah dengan kesendiriannya tidak memiliki calon untuk diajak nikah.
    Kemudian kehidupan pak Jalal yang kembali bangkit dengan menjadi konsultan bisnis , meski secara ekonomi membaik , tetapi pak Jalal enggan meninggalkan gubuk , tak ayal hal ini menimbulkan konflik bersama istrinya yang merasa buat apa punya banyak uang kalo tinggal di gubuk dan kesabaran bu Jalal diuji oleh Loly pembantunya yang suka pada Pak Jalal.Sementara Asrul kembali miskin lagi setelah usaha soto bataknya bangkrut karena difitnah sotonya menggunakan daging babi.

Jilid 7 (2013)

Ketua RW yang dijabat pak Idrus , posisinya mengalami kegoyahan karena sebagian warga percaya bahwa ia mengalami gangguan jiwa . Dan hal ini menjadi sasaran empuk bagi anak buahnya Pak Yos dan Pak Akim yang ingin menggantikan posisi sebagai ketua RW .Sementara Asrul menjalani profesi sebagai tukang bekam , sedangkan sahabatnya Udin menemukan uang Pak Jalal. Persoalan muncul ketika ia menggunakan uang tersebut untuk membeli tanah dari seseorang yang mengidap penyakit pikun . Ustad Ferry dan Azzam bekerja sama dalam sebuah penerbitan buku . Usaha mereka terancam gagal karena kesalahan cetak pada tulisan basmalah . (Yang seharusnya Bismillahirrahmanirrahim menjadi Bismillahirrahmanirrajim) dikarenakan semut ikut tercetak .

Jilid 8 (2014)

    Bang Jack harus  menjalankan tugasnya untuk menyelamatkan keponakannya yang bernama Domino yang hendak pindah agama, Domino yang berprofesi sebagai sales pisau ini merasa tidak puas dengan agama yang dianutnya yakni islam . Domino yang tinggal dikota lalu diajaknya untuk tinggal bersamanya di kampung kincir . Bersama Bang Jack , Domino tinggal dan mulai memahami sedikit demi sedikit islam dan menjadi orang yang lebih taat.Bahkan ada kisah cinta antara Domino dan Kalila , percintaan mereka tidak mulus , Kalila sudah memberikan sinyal , tapi domino masih belum berniat untuk mengungkapkan perasaannya masih Jaim hehehe, Udin yang seorang duda datang bermaksud untuk melamar Kalila.
      Sementara kehidupan keluarga Pak Jalal diuji dengan Loli pembantu yang centil dan cari perhatian dari pak Jalal membuat bu Jalal memberhentikan Loli dari pekerjaannya , dengan memberhentikan Loli , Bu Jalal di musuhi ibu-ibu kampung . Dan permasalan berat lainnya yang menimpa warga Kampung Kincir ialah air sumur warga mendadak bau , dan anehnya sumur yang disamping Pak Jalal dan Mushola tidak mengalami hal yang serupa .Setelaj bu Jalal dimusuhi warga karena pemecatan Loli , sekarang malah air sumur dirumahnya sangat dibutuhkan.Tambah seru lagi dihiasi kehadiran dup nenek kaka beradik yaitu Vega dan Vegi ,sifatnya sama kaya trio RW , mungkin duo nenek ini lebih cerdik.Dalam rumah tangga Aya dan Azzam muncul persoalan baru setelah aya melahirkan , mereka harus menghadapi kenyataan bahwa ASI Aya tidak keluar , Pada waktu bersamaan Isrinya Chelsea , Marni dan Isterinya Barong , Dara juga melahirkan . Namun mereka menolak mendonorkan ASInya saat Azzam meminta bantuan pada mereka.

Jilid 9 (2015)

    Peran Aya hanya muncul pada episode pertama , diceritakan anak Aya dan Azzam meninggal sewaktu perjalanan kerumah sakit ,Azzzam merasa bersalah , memilih waktunya diluar. Ia enggan pulang kerumah.Maka tidak heran , jika cerita ini menghilangkan adegan yang melibatkan Aya, Kalau ngga salah , waktu itu  pemeran Aya , Zaskia  A Mecca tidak terlibat di PPT 9 karena ia diminta suaminya Mas Hanung untuk tidak syuting dahulu.

Jilid 10 (2016)

    Pada PPT jilid 10 diceritakan bahwa Bang Jack mengalami musibah dimana kamarnya di mushola mengalami kebakaran , pakaian dan foto almarhum istrinya pun ikut terbakar . Namun keseriusan ibadahnya mulai terusik ketika adanya kehadiran Dewi yang diperankan Inneke Koesherawati.Kebakaran kamar bang Jack dan Tante Widya yang mau melahirkan dari buah hati om Wijoyo mengawali episode pertama PPT Jilid 10 .
   Sementara Trio RW kembali berkumpul lagi setelah Akim yang baru pulang dari Singapur menggantikan Azzam sebagai Bendahara RW . Sementara tiga murid bang Jack yang menjadi selebriti mulai merasakan sepi job dan paceklik sehingga mereka menjadi pengangguran, sekali ada job , diminta untuk perorangan yang menjadi ujian kekompakan persahabatan mereka bertiga.
   Kisah rumah tangga Azzam dan Aya kembali diselimuti oleh kecemburuan . dan di PPT ini hadir dua tokoh baru yakni Dewi (Inneke Koesherawati) dan H.Jaja (Jaja miharja).

Jilid 11 (2017)

     Para Pencari Tuhan jilid 11 ini menceritakan dimana Desa Kincir yang tenggelam dilanda banjir bandang . pada episode  perdananya  PPT 11 , Desa Kincir dilanda cuaca ekstrim dimana Desa tersebut dilanda hujan dan petir yang sangat hebat, diceritakan Akim yang hendak pulang setelah memberi kopi dan gorengan , tersambar petir didepan gapura Desa Kincir , sementar dua sahabat karibnya yang menunggu Akim membeli Kopi dan gorengan Pak RW dan Bang Yos menunggu dirumah Pak RW , sambil main catur .
Pak Yos :" Pak tumben sore ini gelap sekali mana , mau hujan mana petir nya gede-gede? eh pak RW dah masuk ashar kita ga ke mushola ?."
"Alah sekarang sholat , besok sholat , kemarin sholat ? nanti aja lah yos " jawab Pak RW (yang diperankan Idrus Madani).
     Tiba - tiba jleger keduanya kena sambar petir , keduanya gosong . Kemudian Ibu RW keluar keteras rumah melihat apa yang terjadi terjadi , ternyata suami dan pak gosong terkena sambaran petir , tak lama kemudian Akim datang dengan keadaan gosong dan pakaian compang - camping tersambar petir , karena tersambar petir Pak RW menjadi budeg .
     Sementara itu pirasat Desa kincir akan tenggelam dirasakan juga oleh kakak nya nek Vegi , yaitu nek Vega , nek Vega bermimpi dia dan adiknya menjadi atlet renang , padahal keduanya tidak bisa berenang , nek Vega kemudian menyimpulkan bahwa Desa Kincir akan tenggelam , dengan begitu dengan akalnya seperti biasa dia mencuri bak bayi tetangga Maulana , karena merasa bak itu cukup untuk dinaiki kemudian dia rencananya akan mengembalikan bak tersebut kepada tetangga miskinnya itu maulana , dan duo nenek tersebut kembali mencuri dua drum untuk dijadikan pelampung .
     Pirasat itu juga dirasakan Asrul ,Udin dan istrinya Mira, gak biasanya sumur dirumahnya ga penuh dan munculnya air keluar dari permukaan tanah . Dengan cuaca yang ekstrim ini membuat bang jack (Dedi Mizwar) sedikit galau dimana mushola selalu sepi hanya dirinya saja yang sholat , dia ga mau hanya sendiri yang taat , dia berharap yang taat juga orang yang dia cintai .Dan ada bocoran ternyata pada PPT jilid 11 ini juga akhir perjalanan cinta Domino dan Kalila ,yang memutuskan menikah , Yuk tonton terus sinetronnya setiap sahur di SCTV . 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cerita singkat Para Pencari Tuhan(PPT) Jilid 1-11"