Fitnah ?

http://oangsun.blogspot.com/2019/01/fitnah.html

Ketika kita mendengar kata fitnah , pasti teringat dengan kalimat " Fitnah itu lebih kejam dari pada pembunuhan " , wah ngeri juga ya . terus apa sih itu fitnah ? Menurut dari beberapa artikel dan buku bahwa fitnah di bagi beberapa jenis fitnah diantaranya adalah :
  • Fitnah bermakna kericuhan , maksudnya adalah ucapan yang berlumur kedustaan , untuk membela diri mereka dihadapan Sang Pencipta Allah SWT . Padahal Allah mengetahui hakikat mereka , dan apa yang tersembunyi dalam hati mereka.Dijelaskan dalam Alqur'an Surat Al-An'am ayat 23 " Kemudian tiadalah Fitnah , kecuali mengatakan : " Demi Allah , Tuhan kami , tiadalah mempersekutukan kami ".
  • Fitnah bermakna Godaan , dalam HR . Muslim mengatakan " Peliharalah diri kalian dari bahaya dunia dan wanita . Karena fitrah (bencana) yang pertama kali menimpa Bani Israil adalah wanita ". Sudah jelas menurut hadist tadi godaan terberat bagi seorang laki laki adalah wanita . Tidak dipungkiri lagi bahwa seorang wanita memiliki fitrah aurat yang sangat menggoda kaum lelaki. Maka dari itulah sebabnya Islam memerintahkan kaum wanita muslimah untuk memakai hijab yang menutupi sekujur auratnya.
  • Fitnah bermakna Gangguan, maksudnya fitnah ini adalah fitnah mereka yaitu suka usil dan mengganggu."Sesungguhnya kami adalah besertamu , bukankah Allah lebih mengetahui apa yang ada dalam dada semua manusia ?" Al Ankabut : 10
  • Fitnah bermakna bermakna Musibah ,"Apabila datang kepada kalian seorang pemuda yang kalian sukai agama dan akhlaknya , maka nikahkanlah dia dengan putri kalian . Kalau tidak , akan terjadi fitnah / bencana dan kerusakan yang besar di bumi ".Jadi maknanya jika kita mempunyai seorang anak dan sudah cukup menikah dan sudah dekat dengan lawan jenis maka segera nikahkan lah mereka.
  • Fitnah bermakna kekafiran , maksudnya adalah Mereka yang suka menyebarkan kekafiran . Kita sering mendengar fitnah itu lebih kejam dari pada pembunuhan , kalimat itu muncul karena menuduh tanpa bukti .Yakni dengan begitu bahwa menuduh orang tanpa bukti itu dosanya lebih besar dari pembunuhan atau membunuh.
  • Fitnah bermakna kebinasaan , yakni kaum munafik dimasa Rasulallah SAW akan membawa kebinasaan semata. "Diantara mereka ada orang yang berkata  :"Berilah saya keizinan (tidak pergi berperang ) dan jangan kamu menjadikan saya terjerumus dalam fitanh ." Ketahuilah bahwa mereka telah terjerumus kedalam fitnah . Dan sesungguhnya Jahanam itu benar-benar meliputi orang-orang kafir ." At-Taubah : 49.
  • Fitnah bermakna Kedzoliman , fitnah ini berarti menjadi sasaran kedzoliman  dan kesewenang-wenangan orang - orang yang suka berbuat dzolim .Seperti dalam Surat Yunus ayat 85 " Lalu mereka berkata :"Kepada Allah lah kami bertawakal ! ya Tuhan kami . Janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang dzolim ."
  • Fitnah bermakna Konflik ,fitnah ini biasanya orang-orang islam yang mendewakan rasio , prakiraan  dimana mereka gemar mencari penafsiran  ayat melalui logika, sehingga melenceng dari tafsir sesungguhnya . Tujuan mereka semata-mata menyebar fitnah , yakni mencari konflik dan perselisihan dengan sesama muslim.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fitnah ?"