Download Aplikasi SPJ Silala BOS Jabar Cerdas


Aplikasi SILALA ( Sistem Laporan Langsung) BOS , yang bertujuan meningkatkan Pelayanan Pengelolaan dana BOS agar laporan pertanggung jawaban Dana BOS lebih cepat ,tepat dan akurat, yang pada gilirannya berdampak pada peningkatan mutu layanan di sekolah. 

Maka dari itu hal yang harus dikelola pertama adalah
  1. Entri struktur sekolah , output nama Kepala Sekolah , Bendahara dan Komite akan muncul pada cetak Laporan .
  2. Entri data Mutasi , output Cetak Buku Pembantu Bank dan BKU.
  3. Entri Data Pendapatan , output Cetak Buku Pembantu KAS dan BKU.
  4. Entri Data Perencanaan , output Cetak Laporan Perencanaan , Buku Pembantu KAS dan BKU.
  5. Edit Data Pengeluaran ,output Cetak Buku Pembantu KAS , BKU , SP3B dan Realisasi Disdik.
  6. Rincian Belanja Modal , merupakan aset BMD dari Dana BOS.
  7. Edit Data dari Stock Opname Per Triwulan.
  8. Sinkronisasi Data , maka laporan akan terkirim ke Dinas Pendidikan.
Maka beginilah urutan cara meng-entri pada Aplikasi SILALA  adalah Sebagai berikut :
  • STRUKTUR SEKOLAH

Menu ini berfungsi untuk mengentri Nama Kepala Sekolah , Bendahara , Komite dan Nama Kepala Dinas Pendidikan  , dimana nama-nama tersebut akan digunakan pada saat cetak Laporan.

Struktur Sekolah

  • MUTASI
Menu mutasi berfungsi untuk mengentri semua transaksi yang ada pada Buku Tabungan atau Rekening Koran . Transaksi tersebut ada 2 macam:
  1. Debet adalah uang yang menambah ke rekening.
  2. Kredit adalah uang yang mengurangi ke rekening
Transaksi yang termasuk Debet antara lain : Bunga Tabungan , Sisa BOS tahun sebelumnya.
Transaksi yang termasuk Kredit antara lain : Biaya Adminitrasi , Pajak Bunga dan Tarik Tunai.



Mutasi
Jika ada uang selain BOS yang masuk ke rekening , misalnya adalah Pengembalian Bunga kepada Bank maka pada Debet di entri dengan pilihan Kelompok  Mutasi Dana Kegiatan Lainnya  dan pada kredit juga dientri dengan Kelompok  Mutasi di pilih Dana Kegiatan lainnya . Jadi dana tersebut hanya lewat saja dan tidak akan masuk ke Cetak Laporan dan BOS.

Output dari entri menu Mutasi adalah Cetak Laporan Buku Pembantu Bank dan BKU.
Tapi harus diingat sebelum entri yang lain , pastikan cetak Buku Pembantu Bank dan Saldo akhir sesuai dengan Buku Bank / Rekening Koran.
  • PENDAPATAN
Menu Pendapatan berfungsi untuk entri data pendapatan yang berupa Tarik Tunai dari BANK, misalnya Triwulan 1 Tarik tunai 2 kali , maka kita entri pada pendapatan 2 kali.


Pendapatan

  • PERENCANAAN
Menu Perencanaan berfungsi entri data perencanaan sesuai dengan RKAS . Data dientri berdasarkan  Kuitansi , artinya pada kegiatan yang telah direncanakan misalnya :
Pelaksanaan Ulangan Kenaikan Kelas ada 2 Kuitansi terdiri dari Photocopy soal dan Belanja Makan dan Minum , maka entri pada perencanaan 2 kali.


Perencanaan
Penjelasan cara pengisian data :

  1. Tanggal Perencanaan :  Diisi perkiraan tanggal kegiatan tersebut akan dilaksanakan ,
  2. Uraian: Diisi sesuai kegiatan , misalnya Photocopy  soal kenaikan kelas. Pada uraiannya , kata-katanya tidak boleh sama dengan kegiatan yang berbeda triwulan, contoh . Pembelian ATK , cara menuliskan tambahkan bulan transaksi Pembelian ATK Bulan Januari .
  3. Sumber Dana : BOS Pusat , tetapi bisa di ganti menjadi Sisa BOS Pusat jika menggunakan Sisa BOS Pusat.
  4. Kegiatan (SPK) : Dipilih sesuai dengan kegiatan dimaksud , caranya ketikan satu kata kunci yang bisa mewakili jenis belanja , misalnya : ATK , Listrik , Laptop , Ulangan atau Ekstrakurikuler.Ketika memilih salah satu kegiatan , maka pada sistem telah mengunci kegiatan tersebut ke : 6 jenis belanja ( Belanja Pegawai, Modal , Barang/jasa, Pemeliharaan , Persediaan , Perjalanan Dinas) , 3 Jenis Belanja ( Belanja Pegawai, Belanja Modal dan Barang Jasa). Pengeluaran 11 Komponen BOS dan 8 Standar Nasional Pendidikan.
  5. Rincian Nota diisi sesuai dengan Nota pembelian . Jika belum ada notanya , bisa dipaket terlebih dahulu.kalau nota sudah ada notanya, bisa dipaket terlebih dahulu.Pada Total Harga diisi harga totalnya yang sudah termasuk pajak. Semua data yang dientri pada menu perencanaan , otomatis masuk ke pengeluaran,jadi entri data perencanaan harus betul agar tidak banyak mengedit data. Ketika edit data perencanaan maka yang berubah hanya perencanaan , begitu juga ketika edit pengeluaran, yang berubah hanya pengeluaran. Jika terjadi perubahan belanja yang tidak sesuai dengan perencanaan , tinggal edit pada menu pengeluaran , sesuaikan dengan realisasi belanja. Cara mengeditnya adalah dengan mengklik simbol / tombol pensil kemudian edit dan simpan.
  • PENGELUARAN
Menu Pengeluaran ini merupakan data realisasi penggunaan Dana BOS dimana bedasarkan Perencanaan , maka jika ada yang tidak sesuai silahkan klik tombol pensil untuk mengedit data , dan klik tombol printer untuk mengprint kuitansi .


Pengeluaran
Selain mengedit data pengeluaran yang tidak sesuai dengan perencanaan , ketika edit pengeluaran ada isian tentang pajak. Pilihan pajak ada 4 :

  1. PPH 21
  2. 0 %
  3. PPN 10 %
  4. Pajak Restoran 10 %
Bagaimana caran meng entrinya ? gampang tinggal mengikuti ketentuan yang berlaku dan out put pajak akan muncul pada Cetak Laporan Buku Pembantu Kas dan BKU.

Output dari Data Pengeluaran digunakan pada : Buku Pembantu KAS , BKU , SP3B , Realisasi Disdik , Rincian Belanja Modal , Stock Op name , Laporan BOS K7a dan Rekap 3 Jenis Belanja ( Permendagri).
  • RINCIAN BELANJA MODAL
Menu ini untuk menampilkan Belanja Modal dar Dana BOS , yang dientri pada perencanaan atau di edit pengeluaran .


Belanja Modal
Daftar barang sudah dilengkapi dengan kode barang , nama barang dan masa manfaat dan KIB.

  • STOCK OPNAME


Stock Opname
Menu Stock Opnam akan menampilkan data Persediaan , pada menu ini tinggal isi Jumlah Barang Keluar atau yang terpakai . Untuk Triwulan 1 ,2 3, dan 4 isikan sesuai barang yang masuk sehingga sisa 0.Untuk Triwulan 4 , isikan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya , Data stock opname Triwulan 4 akan dimasukan pada pembukuan Dinas Pendidikan.
  • BACK UP dan RESTORE DATA
Menu ini berfungsi untuk memback up data , simpanlah back up data agar bisa dikembalikan ke entrian terakhir kali di back up data.

Back up dan Restore
Barangkali  belum sempat kiri data ke server pusat , maka menu back up dan Restore data dapat membantu jika terjadi kerusakan pada laptop.
  • SINKRONISASI DATA
Menu Sinkronisasi Data berfunsi untuk mengirim data ke server pusat dan mengupdate Master Kegiatan jika ada perubahan .

Sinkronisasi Data
Pada menu ini terdapat tiga bagian diantaranya adalah :
  1. Update data Master = Meng update data master kegiatan agar ssama dengan server pusat.
  2. Update Profil = Mengirimkan data struktur Sekolah  yang sudah dientri ke server pusat
  3. Lapor Data = Mengirimkan data Muta , Perencanaan dan Pengeluaran.
Untuk Mendownload Aplikasi Silala silahkan Klik di bawah ini .,


Download Button

Untuk Up Daternya klik Disini



Download Button

CARA INSTALNYA :
  • Pertama buka terlebih dahulu Local Disk C , buat Folder Baru beri nama folder BOS
  • Kemudian instalkan Aplikasi tersebut di Local Disk C , Folder BOS , setelah terinstall buka aplikasi tersebut kemudian daftar baru isi kan NPSN dan Email juga password untuk login ke Aplikasi Silala.
  • Tapi untuk pertamanya ketika login harus online

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Download Aplikasi SPJ Silala BOS Jabar Cerdas"

Anonymous said...

jika sudah ada folder bos di disk c apa kita perlu membuat folder baru bos juga ? Sudah coba saya rename folder bos lama tetap tidak bisa di ganti. Semoga admin bisa membantu. Terima kasih sharingnya.

OAN SUN said...

tidak usah...tinggal donlot updater nya aja , dan install kan di c folder bos

adyrahmanie said...

kalau password untuk aplikasi silala didapat dari mana? say bendahara smp swasta di Sukabumi

OAN SUN said...

Untuk Passwordnya bisa minta ke operator Korwil Sekolah atau langsung ke dinas pendidikan masing-masing yang nantinya akan diberi passwordnya ...app ini hanya bisa di pakai dalam satu komputer/ Laptop....jika ingin ganti PC harap hubungi OPS Korwil / Kab