Pemberontakan PKI 1948 dan G 30 S / PKI

https://oangsun.blogspot.com/2018/07/pemberontakan-pki-1948-dan-g-30-s-pki.html

PKI singkatan dari Partai Komunis Indonesia, Paham Komunis bertentangan dengan Pancasila , Paham Komunis mengingkari adanya Tuhan Yang Maha Esa . PKI berusaha mendirikan negara Komunis di Indonesia .PKI amat licik dan kejam . Pada tahun 1948 .Waktu itu Indonesia baru Usia 3 tahun . Kita baru saja selesai menghadapi serbuan Belanda .Berbulan-bulan lamanya tentara dan rakyat bergerilya melawan tentara penjajah Belanda .PKI mengira bahwa Angkatan Bersenjata kita masih lelah . 

PKI merasa mendapat kesempatan bagus untuk merobohkan pemerintah. Mula-mula PKI mengacau di Kota Sal . PKI menculik dan membunuh tokoh - tokoh yang mereka anggap musuh .PKI juga mengadu domba kesatuan - kesatuan Tentara Nasional Indonesia.Sementara perhatian pemeintah diarahkan ke kota Sala , PKI merebut kota Madiun , Jawa Timur . PKI memproklamirkan berdirinya Soviet Republik Indonesia .PKI juga berhasil membentuk pemerintahan Komunis di Pati Jawa Tengah.

Tetapi ,perkiraan PKI meleset yang menyangka Tentara Republik Indonesia lemah. Pemerintah Republik Indonesia bertindak tegas .Angkatan bersenjata kita bersama rakyat segera bertindak menumpas pemberontakan PKI.Namun PKI tidak pernah jera . Cita-citanya mendirikan Negara Komunis di Indonesia tak pernah padam .Akibat kelomggaran pemerintah pada waktu itu , PKI hidup dan tumbuh berkembang menjadi besar . Karena mendapat perlindungan Pemerintah  , PKI menjadi makin berani .PKI menyusun siasat dan kekuatan untuk mewujudkan cita-citany .Segala jalan halal dan haram ditempuhnya . Misalnya mengadu domba , mengancam , membunuh , menghasut , memfitnah dan lain-lain.

Pada tahun 1965 , PKI sudah merasa kuat . PKI merasa bahwa sebagian besar rakyat sudah terpengaruh oleh propaganda dan tipu muslihatnya.Pada hari kamis malam tanggal 30 September 1965, PKI mulai bergerrak merebut kekuasaan dengan nama Gerakan  30 September yang kemudian dikenal dengan nama singkatan G 30 S / PKI . Pemberontakan bersenjata ini dipimpin oleh letkol Untung Sutopo , komandan Batalyon I Resimen  Cakrabirawa , pasukan pengawal Presiden . 

Pada dini hari tanggal 1 Oktober 1965 mereka menculik dan membunuh enam perwira tertinggi , pimpinan teras Angkatan Darat . Pembunuhan dilakukan dengan cara kejam . Sebelumnya para perwira tersebut disiksa dengan cara diluar Peri Kemanusiaan .Jenazahnya dimasukan kedalam sumur tua di Lubang Buaya . di dekat pangkalan Halim Perdana Kusuma , Jakarta .
  1. Letnan Jendral Ahmad Yani
  2. Mayor Jendral R Suprapto
  3. Mayor Jendral Haryono Mas Tirtodarmo
  4. Mayor Jendral Suwondo Parman
  5. Brigadir Jendral Donald Izacus Pandjaitan 
  6. Brigadir Jendral Sutoyo Siswomiharjo
Selain enam perwira tinggi tersebut , Letnan Satu Piere Andreas Tendean dan Brigadir Polisi Karel Satsuit Tubun juga menjadi korban keganasan G30S/PKI.Dua orang perwiran menengah yaitu Kolonel Katamso dan Letnan Kolonel Sugiyono menjadi korban keganasan G30S/PKI di Yogyakarta.

Untung saja Bapak Mayor Jendral Suharto segera bertindak tegas . Pada waktu itu beliau menjabat menjadi panglima Operasi Pemulihan Keamanan dan Ketertiban . Dalam waktu singkat G30S/PKI dapat digulung . Para tokoh PKI dan tokoh-tokoh ormas PKI ditangkap. Pada tanggal 12 Maret 1966 PKI dibubarkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemberontakan PKI 1948 dan G 30 S / PKI"