Cara Verifikasi Akun PTK di Dapodik Versi 2021



Sebagai langkah awal dalam tahap verifikasi ini pastikan sudah menyiapkan sebuah akun email aktif. Karena dalam prosesnya nanti akan memerlukan konfirmasi dengan kode yang dikirimkan melalui email aktif tersebut.Tidak terkecuali untuk semua akun harus dipastikan aktif baik itu akun operator maupun akun PTK (Guru).

Pertama Verifikasi Akun Operator Sekolah / Satuan Pendidikan

Sebelum melakukan verifikasi akun PTK maka langkah pertama adalah memverifikasi email akun operator terlebih dahulu. Verifikasi ini dilakukan saat pertama kali login ke dalam managemen dapodik. Isikan email aktif yang digunakan sebagai akun login operator sekolah (basanya email sekolah).Setelah kita masukkan email aktif maka nanti akan dikirimkan kode verifikasi ke almat email kita tersebut untuk dimasukkan kode ke aplikasi di managemen. Dan jika sudah kita masukkan denan benar maka akun kita akan terverifikasi sehingga dapat kita gunakan untuk login ke managemen.Seperti biasa di managemen dapodik ini nanti kita dapat melakukan hal - hal diantaranya : Proses tarik PD dan verifikasi akun PTK ini tentunya.


Autentikasi Pengguna Dapodik (PTK). Aplikasi Dapodik 2021 mengharus PTK/GTK melakukan verifikasi data akun. Verifikasi akun PTK dilakukan melalui Biodata Manajemen Dapodik 2021. Disana Anda bisa melihat data-data sebagai berikut :

Biodata, Beban ajar, Tugas, Pendidikan, Sertifikasi, Kepangkatan, KGB, Riwayat. Jika data tersebut sudah Anda pastikan benar, Anda bisa melakukan verifikasi.

Ada 10 Langkah verifikasi Akun diantaranya:

1. Kunjungi laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/

2. Log in menggunakan email dan password Dapodik Anda

3. Buka menu Biodata kemudian tekan menu Akun

4. Pastikan username (email aktif)

5. Tekan tombol Verifikasi Sekarang

6. Jika tidak aktif ganti dengan email yang aktif dikolom email Tekan Lanjut

7. Buka alamat email Anda

8. Catat Kode Verifikasi

9. Masukan kode verifikasi

10. Tekan simpan


Bagikan ke WhatsApp

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Verifikasi Akun PTK di Dapodik Versi 2021"