27 Oktober Sejarah Hari Blogger Nasional

oangsun.blogspot.com
Tampilan Blog oangsun.blogspot.com
27 Oktober para blogger memperingati Hati Blogger Nasional.Hari Blogger Nasional pertama kali dicanangkan Menteri Komunikasi dan Informatika RI ,Muhammad Nuh , pada 27 Oktober 2007 pada pesta pembukaan tahun itu,namun pada tahun 2011 pesta Blogger telah berubah menjadi event OnOffIndonesia(OnOffID).Pesta Blogger seIndonesia mulai menekankan pentingnya para blogger untuk bisa mengelola blog lebih serius ,agar bisa memperoleh sesuatu yang bemanfaat .Bisa menjadi sumber penghasilan,memperluas jaringan pertemanan dan lainnya, Blog tidak lagi menjadi curahan hati individu ,tapi juga bisa menjadi tempat untuk membuka bisnis di dunia maya.Namun apa sih blog itu ? ,Blog merupakan evolusi dari diary online :

Muhammad Nuh
Diary : Catatan harian mengenai pendapat , opini dan apapun itu dalam bentuk yang dipublikasikan secara online (menggunakan website).Salah seorang pioneer  dari internet based journalist ini adalah Justin Hall yang membuat online diarynya,Justin Links from the Underground ketika ia masih pelajar dari swarthmore Collage.

Dulu Blog pada umumnya merupakan website yang berisi kumpulan link menuju link halaman web lain yang disertai komentar dan opini pemilik online diary tersebut .Sehingga online diary ketika itu bisa juga dikatakan sebagai katalog link berdasarkan pemilik .Para diarist adalah editor yang memilih link mana yang menarik dan menampilkan link tersebut di online diarynya.

Pada tahun 1997 ,seorang programer yang juga mengelola website Online diary (robot wisdom) Jorn Barger.menciptakan istilah weblog yang diambil dari  kata "Logging the web" Logging = masuk ,jadi logging the web bisa diartikan "memasuki web".Blog awalnya dikala itu merupakan orang yang masuk kebelantara web dan menyortir  link-link menarik berdasarkan opininya hingga tahun 1998.Baru ada beberapa website yang di identifikasi sehingga blog , hingga ketika itu menjelajahi semua weblog  masih memungkinkan untuk dilakukan .

Peter Merholz Pada tahun 1999 menyebutkan istilah weblog menjadi blog , dan orang yang mengelola blog disebut blogger .Dari situlah  semuanya beubah , semakin hari semakin banyak orang membuat blog menjadi semakin signifikan ketika Pitas meliris Blogger.com Pada juli 1999.Blogger .commeupakan web sevice yang memungkinkan orang yang bahkan tidak memiliki kemampuan HTML sekali pun mampu menciptakan blog  dan mengelolanya,Bahkan definisi blog mulai bergeser , blog yang awalnya merupakan kumpulan link yang akan yang dikomentari oleh pemilik blog , mulai bergeser menjadi media ekspresi bebas semau pemilik blog yang ditampilkan secara kronologis terbalik.

Blog benar-bena berubah , tumbuh dengan cepat ,terlebih setlah Movable Type diluncurkan dan worspress sebagai project kelanjutan cms b2 dirilis ke publik sebagai blog engine.Media blogger pertama kali diperkenalkan oleh blogger.com yang dimiliki Pyralab , yang kemudian di akuisisi Google pada tahun 2002 ,sejak itu aplikasi-aplikasi besipat terbuka yang membantu para blogger mengembangkan blog yang dimiliki.

Blog semakin populer di Indonesia , ketika banyak orang kemudian menjadi terkenal hanya karena hobi menulis blog . Ambil contoh , Raditya Dika juri Stand Up Comedy Indosiar ini awal nya terkenal sebagai penulis blog,Bang Radit menjadi pemenang Indonesia Blog Award dan The Online Inspiring Award 2009 oleh Indosat, dan ternyata dengan memperoleh penghargaan tersebut Bang Raditya memberanikan diri unruk mencetak isi blognya dan buku pertama dengan judul Kambing Jantan .Buku ini merupakan sebuah catatan harian nya  atau dairy online yang selama ini ditulis di blog kemudian dibukukan dan nmendapat penjualan terbaik dalam skala nasional . Cerita dalam buku itu juga kemudian diangkat kedalam film dengan judul yang sama dan dibintangi sendiri oleh Raditya Dika.

Dan dalam data "Social Media Landscape" yang dikeluaekan salingsilang.com jumlah pengguna blogger di Indonesia mencapai 4,1 Juta pada bulan Februari 2011.Sebanyak 80 ,65% menggunakan blogspot.com dan sementara worspress 14,5 % dan sisanya yang lainnya.

Kalau saya memasuki dunia blog sudah dari tahun kemarin , namun blog yang pertama bernama ohan sun saya hapus pertengahan tahun ini karena blog saya kena banned google karena semua postingan saya semua copas , sebelumnya  juga pernah di beritahu teman saya yang benama Abdul Soleh , dia bilang ga boleh copas harus original di ketik , namun saya keukeuh ingin coba copas , karena kalau belum coba kan ga tau hasilnya dan tidak bisa belajar dari kesalahan hhhehehehe.

Kemudian pada akhir Mei 2017, saya buat blog baru dengan nama Oan Sun menjadi kata yang simple , sebenarnya kata Oan Sun (oangsun.blogspot.com) adalah sama dengan nama saya yaitu Ohan Sunarya , namun agar kelihatannya keren , simple dan mudah diingat.

Asal usul nama Oan dan Oang adalah karena setiap bayi dibawah 5 tahun yang mengucapkan nama ohan sepertinya sulit mengucapkan kata ohan , malah anak balita mengucapkannya oang dan oan . Sementara Sun adalah Sunarya , dikarenakan sewaktu sekolah MD madrasah diniyah , Guru Madrasah Diniyah dan Guru ngaji di Mushola Al-Inayah Desa Nanggerang Leuwimunding Majalengka yang bernama Pak Ustad Memed atau yang nama aslinya Ahmad Saroji (Kalau ga salah hehehe lupa lagi) .Disekolah MD , sebelum saya disebut diabsen ada nama Nita Sunita kemudian Ohan Sunarya , karena ingin cepat dan simple maka , disebut Nita Sun , Ohan Sun.  Dan teman saya yang masih ingat kata ohan sun adalah Kiswanto atau biasa disebut wawan atau ciwong , kalo dia ketemu selalu bilang ohan sun hehehehe. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "27 Oktober Sejarah Hari Blogger Nasional"