Asal Usul Micin Umami (MSG) Zaman Kids Now

https://oangsun.blogspot.co.id/2017/11/asal-usul-micin-umami-msg-zaman-kids-now.html
Sahabat Blogger , Zaman Kids Now pasti udah pada tahukan  "micin / Vetsin" , ya penyedap rasa (1909) atau MSG (Mono Sodium Glutamat ) yang dengan sejuta kontrovesinya tetap menjadi pilihan nomer satu untuk ditambahkan ke masakan  agar masakannya menjadi enak dan gurih . Kontroversi bahwa MSG menyebabkan mual , pusing , bahkan kanker  (ihhhh ngeri banget sahabat blogger semoga penulis dan pembaca dijauhkan dari penyakit mengerikan itu aamiin). Tapi sebelum menilainya seperti itu , ada baiknya kita lihat asal usul MSG , siapa penemunya dan kenapa ko bisa membuat masakan menjadi umami .

Dan Perlu diketahui MSG terdiri dai kandungan  :

  1. Glutamat 78 % 
  2. Natrium /garam 12%
  3. Air 10%

https://oangsun.blogspot.co.id/2017/11/asal-usul-micin-umami-msg-zaman-kids-now.htmlProf.Kikunae Ikeda adalah orang yang berjasa menemukan MSG .Tokyo Imperial University adalah tempat beliau mengajar , karena beliau adalah guru besar kimia di Tokyo.Beliau tertarik dengan rasa masakan tertentu , yang rasanya ada diluar 4 rasa utama yakni manis, pahit, asam , dan asin.Maka untuk mengetahui  rasa tersembunyi itu , beliau melakukan penelitian.

Prof.Kikunae Ikeda menemukan bahwa di rahasia rasa yang enak itu terdapat kaldu dalam kaldu yang didapat dari kombu.ya kombu ini sejenis ganggang laut  yang banyak dipakai sebagai bumbu tradisional di negeri sakura (jepang).Sejumlah besar kaldu kombu dipakai untuk diubah menjadi bentuk kristal yang disebut glutamat.

https://oangsun.blogspot.co.id/2017/11/asal-usul-micin-umami-msg-zaman-kids-now.html
Dari 100 gram kombu kering , dapat dihasilkan 1 gram glutamat .Rasa inilah yang akhirnya ditemukan , rasa yang melengkapi 4 rasa utama . Rasa kelima itu Prof.Kikunae Ikeda menyebutnya Umami, berasal dari kata umai yang artinya lezat.Dari kristal glutamat itu , Beliau menyempurnakannya dengan membuat bumbu masak awet dan mudah dimasak , sehingga terciptalah MSG .

https://oangsun.blogspot.co.id/2017/11/asal-usul-micin-umami-msg-zaman-kids-now.html
Kombu
Hampir semua masakan gurih tang kita jumpai mengandung MSG, bahkan di Eopa dan Amerika,MSG banyak digunakan untuk berbagai masakan . Mie Instan , Keripik , Ayam Goreng,dll, bahkan masakan Indonesia makin hari makin gurih, padahal menurut pengalaman saya dengan kemiri atau muncang (bahasa sunda) kalau mau masakannya menjadi gurih , tapi ya gitu sekarang jaman sekarang serba instan ga mau nguleg atau menghaluskan kemiri susah, lamalah ,makanya jaman sekarang pengennya yang serba instan .

Bumbu Penyedap masakan hasil temuan Prof . Kikunae Ikeda yang kita kenal adalah produk Ajinomoto dan Beliau memegang hak paten MSG,perusahaan Ajinomoto menjadi besar dan produknya tersebar ke seluruh Negara didunia . Namun pada tahun 1936 beliau meninggal dunia.
https://oangsun.blogspot.co.id/2017/11/asal-usul-micin-umami-msg-zaman-kids-now.html

Dari daratan Tiongkok pada era Dinasti Ming , perburuan panda mulai dilarang karena takut dikhawatirkan punah.Namun bumbu micin tetap disukai , apalagi dihidangkan diatas keramik kuno yang mahal.Maka Sang Raja mmerintahkan untuk dicari alternatif bahan baku pengganti ,Dalam waktu satu hari harus didapatkan ,Jika tidak ada , semua juru masak akan digiling menjadi mi-cin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asal Usul Micin Umami (MSG) Zaman Kids Now"