12 Tipe Gaya Kepemimpinan

https://oangsun.blogspot.com/2018/11/12-tipe-gaya-kepemimpinan.html

Kepemimpinan muncul sejak adanya peradaban manusia. Yaitu Nenek moyang manusia berkumpul bersama dan terjadi kerjasama antar manusia.Pada saat itulah muncul seorang manusia yang paling tua , paling kuat , paling cerdas , paling bijaksana, atau paling berani  yang menjadi pemimpin.

Munculnya Seorang pemimpin disebabkan oleh :

  1. Pemimpin yang timbul dengan sendirinya atau disebut dengan Teori Genetis
  2. Pemimpin itu harus dipersiapkan melalui pendidikan (setiap orang bisa menjadi pemimpin bila mendapatkan pendidikan yang layak).Teori ini biasanya disebut dengan Teori Sosial
  3. Pemimpin yang mempunyai bakat memimpin dan kemudian dikembangkan melalui usaha pendidikan dan pengembangan pengalaman.Teori ini biasanya disebut dengan Teori Sintesis atau Ekologis
Setiap pemimpin mempunyai sifat ,kebiasaan ,watak dan temperamen yang berbeda-beda dengan yang lainnya.Pemimpin itu memiliki tipe ada yang baik dan ada juga yang buruk , atau bahkan memiliki kedua-duanya.

Beberapa contoh tipe Kepemimpinan :

  1. Tipe Administratif , adalah tipe seorang pemimpin yang baik dalam penyelenggaraan administratif , seperti ketatausahaan yang rapih, berfikir efektif dan efisien.
  2. Tipe Militeristik,adalah tipe seorang pemimpin yang suka memerintah, menghendaki kepatuhan yang mutlak/sepenuhnya dari para bawahan/anggotanya, banyak unsur formalitas kerja serta disiplin yang kaku.
  3. Tipe Paternalistik / Kebapakan , adalah tipe seorang pemimpin yang mempunyai sifat kebapakan , suka melindungi tetapi jarang memberikan kesempatan, banyak mengambil keputusan sendiri,suka berinisiatif , banyak fantasi dan tidak mudah percaya terhadap orang lain .
  4. Tipe Kharismatik,adalah tipe seorang pemimpin yang mempunyai daya tarik atau pembawaan tinggi.Dianggap oleh para pengikut/bawahannya, bahwa pemimpin tipe ini mempunyai kelebihan, kekuatan yang luar biasa yang dapat membuat orang banyak kagum.
  5. Tipe Eksekutif , adalah tipe seorang pemimpin yang dapat memberikan motivasi
  6. Tipe Compromiser, adalah tipe seorang pemimpin yang sifatnya mudah berubah / tidak tetap pendirian dan lemah terhadap mengambil keputusan.
  7. Tipe Oktrikat yang baik atau Benevolent Autocrat , adalah tipe seorang pemimpin yang baik , lancar dan tertib dalam melaksanakan peraturan , serta ahli dalam mengorganisir.
  8. Tipe Otokrat , adalah tipe seorang pemimpin yang tegas tapi cenderung kasar,sedikit bersifat diktator , mau menang sendiri, keras kepala , angkuh dan bandel.
  9. Tipe Developer atau Pembangun, adalah tipe seorang pemimpin yang kreatif , dinamis , baik dalam pelimpahan wewenang , juga percaya kepada para bawahannya.
  10. Tipe Missionaris , adalah tipe seorang pemimpin yang terbuka, penolong , ramah dan lembut hati.
  11. Tipe Birokrat adalah tipe seorah pemimpin yang patuh,taat,cermat dan keras dalam menegakan peraturan.
  12. Tipe Deserter atau pembelot , adalah tipe seorang pemimpin yang bermoral rendah,tidak memiliki loyalitas/rasa pengabdian/memiliki dan tidak merasa terlibat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Tipe Gaya Kepemimpinan"