Cara Mengecek dan cetak NISN Siswa

https://oangsun.blogspot.com/2019/03/cara-mengecek-dan-cetak-nisn-siswa.html

NISN adalah Nomor Induk Siswa Nasional yang merupakan kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa yang lainnya diseluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di luar Negeri , Nomor Induk Siswa Nasional ( NISN ) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah disatuan pendidik yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Sistem Pengelolaan NISN secara Nasional oleh Pusat Data dan statistik Pendidikan dan Kebudayaan ( PDSPK) Kemendikbud yang merupakan  bagian dari program Dapodik ( Data Pokok Pendidikan) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan . Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs  NISN  .

Kemudian apakah manfaat dan tujuan dari memiliki NISN.
  1. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program - program perencanaan pendidikan , statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat , propinsi , kota , kabupaten hingga sekolah, seperti : Bantuan Operasional Sekolah ( BOS) , Ujian Sekolah , PIP dan SNMPTN.
  2. Mengidentifikasi setiapmindividu siswa ( peserta didik ) diseluruh sekolah-se Indonesia secara standar , konsisten dan berkesinambungan .
  3. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi unit-unit kerja Kemendikbud , Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar , terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi terkini.
Namun ketika Anda mau mengecek apakah nomer NISN Anda sudah terdaftar atau belum , ketika Anda mau mengecek dan mencetak NISN tersebut maka , hal yang dilakukan adalah :
Gambar 1.1
  • Setelah muncul tampilan seperti pada Gambar 1.1 , maka silahkan masukan NISN Siswa tersebut dan masukan nama Ibu Kandung berdasarkan Akta dan Ijazah kemudian cari . Itu adalah melakukan pencarian Berdasarkan NISN. Namun Anda bisa juga dengan pencariaan berdasarkan Nama . Untuk lebih jelanya lihat Gambar 1.2
Gambar 1.2


  • Gambar 1.2 adalah cara mengecek NISN Peserta  Didik berdasarkan Pencariaan berdasarkan Nama. Silahkan masukkan Nama Siswa , Tempat Lahir , Tanggal Lahir dan Nama Ibu . Kemudian Klik Cari.
  • Ketika kita sudah mengisi kolom - kolom tadi maka akan muncullah biodata siswa tersebut seperti pada Gambar 1.3
Gambar 1.3
  • Untuk meng Print nya silahkan sceenshoot bisa juga dengan menggunakan snipping . Setelah di snipping silahkan cetak .
Biasanya lembar ini biasanya selalu ada terlampir ketika mau pindah sekolah .



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengecek dan cetak NISN Siswa "