Asal Usul Korek Api

https://oangsun.blogspot.co.id/2018/04/asal-usul-korek-api.html


Korek api atau kadang orang-orang menyebutnya dengan pematik atau geretan . Korek api adalah sebuah alat untuk menyalakan api secara terkendali . Menghasilkan api dengan batang korek api adalah merupakan suatu saat yang bersejarah dalam kisah api , itulah  pertama kali api dapat dihasilkan secara kimiawi dan dalam suatu cara yang terkontrol .Pada zaman kuno , api dihasilkan dengan menggosok-gosokkan dua batang secara bersama.Namun sekarang korek api dijual bebas ditoko-toko dalam bentuk sekotak korek api . Sebatang korek api terdiri dari batang kayu yang salah satu ujungnya ditutupi dengan suatu bahan yang umumnya fosfor yang akan menghasilkan nyala api karena gesekan ketika digesekkan terhadap suatu permukaan kasar . Korek api merupakan caempuran potasium klorat , belerang , gula dan karet .Jenis korek api gas / cairan disebut dengan naphtha atau butana.

Bangsa tiongkok sejak 577 telah mengembangkan korek api sedehana yang terbuat dari batang kayu yang mengandung belerang.korek api modern pertama ditemukan oleh K Chancel , asisten Profesor L.J Thenard di Paris . Penemuan tersebut diawali oleh Robert Boyle pada tahun 1680 -an dengan campuran fosfor dan belerang. dan digosokan pada sulfurKorek api yang dinyalakan dengan digesek pertama kali ditemukan oleh kimiawan Inggris John .

https://oangsun.blogspot.co.id/2018/04/asal-usul-korek-api.html
Robert Boyle


Pada tahun 1827 , seorang ahli kimia dari Inggris , John Walker , menemukan korek api . Awalnya , gesekan korek api dapat digosokkan pada permukaan kasar untuk menghasilkan nyala api . Pada tahun 1844 , api yang aman pertama kali ditemukan oleh seorang ahli kimia dari Swedia yang bernama Gustave E . Pasch, yang hanya dapat dinyalakan ketika digosokkan pada kertas khusus.Korek api itu mulai diproduksi massal pada tahun 1852 di Swedia



https://oangsun.blogspot.co.id/2018/04/asal-usul-korek-api.html





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asal Usul Korek Api"