Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober

https://oangsun.blogspot.co.id/2018/04/hari-kesaktian-pancasila-1-oktober.html

Negara kita bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia  atau NKRI . Dasar negara kita adalah Pancasila . Pancasila terdiri atas lima sila , seperti yang tercantum dalam pembukaan Undang Undang Dasar 1945 . Yaitu  :
  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab 
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan ,.
  5. Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia
Disamping sebagai dasar negara , Pancasila adalah pandangan hidup bangsa Indonesia dan Pancasila juga merupakan jiwa dan kepribadian Bangsa Indonesia.

Setelah kita memproklamasikan kemerdekaan , terjadilah berbagai pergolakan dan pemberontakan . Pergolakan dan pemberontakan itu bertujuan merongrong Pancasila sebagai dasar Negara.Pemberontakan -pemberontakan bersenjata yang timbul silih berganti susul-menyusul bertubi-tubi itu antara lain :
  • Pemberontakan PKI Madiun tahun 1948
  • Pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil di Bandung pada tahun 1950
  • Pemberontakan Republik Maluku Selatan  di Ambon Maluku Selatan tahun 1950
  • dan Pemberontakn PKI yang terkenal dengan G30S/PKI tahun 1965
Semua gerakan penyelewengan dan pengkhianatan terhadap nusa , bangsa dan tanah air itu dapat dipadamkan satu demi satu dalam waktu singkat.Diantara pemberontakan yang paling bahaya adalahh Pemberontakan PKI . Pemberontakan PKI 1965 disebut dengan Gerakan 30 September , disingkat Pembeontakan G30S/PKI.

G30S/PKI amat kejam .PKI berusaha merebut kekuasaan negara. PKI menculik . menganiaya , dan membunuh beberapa orang Jenderal , pembela setia  Pancasila.Berkat kesigapan ABRI dan Rakyat , Pemberontakan G30S/PKI  itu dapat berhasil ditumpas dalam waktu yang singkat .Pancasila selamat dari ancaman bahaya .Sekali lagi pancasila membuktikan kesaktiannya .Bangsa Indonesia terhindar dari malapetaka yang ditimbulkan oleh PKI dengan pahamnya yang anti Tuhan . Pancasila tetap sakti .
Tanggal 1 Oktober kita peringati sebagai Hari Kesaktian Pancasila . Kita bangun monumen Pancasila Sakti di atas sumur tua di Lubang Buaya . Ditempat itulah jenazah para Jenderal yang dibunuh PKI ditemuka .Ketujuh Jendral itu yakni :
https://oangsun.blogspot.co.id/2018/04/hari-kesaktian-pancasila-1-oktober.html

  1. Jenderal Ahmad Yani
  2. Letnan Jendral R. Suprapto
  3. Letnan Jendral Haryono
  4. Letnan Jendral Siswondo Parman
  5. Mayor Jendral Pandjaitan
  6. Mayor Jendral Sutoyo Siswomiharjo
  7. Kapten Pierre Tendean 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober "