Mitos dalam PPPK

https://oangsun.blogspot.com/2018/12/mitos-dalam-pppk.html

Dalam kehidupan sehari hari masih ada angapan kurang tepat dalam penangan peristiwa-peristiwa kecelakaan . Beberapa contoh diantaranya adalah :


  • Mengobati luka bakar dengan mentega adalah baik 
Berdasarkan survey , paling sedikit satu dari lima orang tua jika menolong anaknya yang terluka adalah dengan mengolesi mentega , es batu , odol atau pun dengan minyak goreng.

Namun hal yang seharusnya dilakukan adalah : basuhlah atau rendamlah luka bakar dengan air sekitar 10 menit untuk mengurangi rasa sakit kemudian tutuplah dengan pakaian yang lembut untuk menghindari infeksi dan memberikan luka tetap dingin dan nyaman , kadang - kadang luka bakar yang terlihat kecil tapi cukup dalam .  Sehingga tetap harus dibawa ke Rumah Sakit atau dokter .

  • Jika Mimisan kepala harus diangkat ke belakang
Yang seharusnya dilakukan adalah dudukkan penderita mimisan dan biarkan menunduk serta pijit bagian lunak hidung. Hindari batuk dan meelan sesuatu hingga pendarahannya berhenti.

https://oangsun.blogspot.com/2018/12/mitos-dalam-pppk.html

Jika menegakan kepala ke belakang akan membuat darah masuk kebagian hidung dan bisa masuk tenggorokan dan mungkin bisa masuk ke perut .Sebagian lagi berpendapat kita harus meletakkan benda yang dingin atau es di bagian pangkal hidung untuk menghentikan pendarahan.

  • The Kiss of Life atau memberikan pertolongan pernafasan dari mulut ke mulut  
Pertolongan dengan teknik CPR (Cardio Pulmonary Resuscitation) baik dengan cara pernafasan buatan maupun menekan dada. biasanya korban akan merespon tindakan - tindakan tersebut . Tetapi belum tentu berarti kita telah menyelamatkan jiwa korban . 

https://oangsun.blogspot.com/2018/12/mitos-dalam-pppk.html


Menit-menit pertama adalah situasi kritis . CPR menolong untuk menjaga organ-organ vital tetap berfungsi seperti paru-paru dan jantung hingga ambulans dan pertolongan tiba.

Pada korban orang dewasa , kita harus memberikan tekanan 30 kali pada dada diselang dua kali tindakan pernafasan buatan , prosedur berbeda untuk anak - anak dan bayi.

  • Jika anggota badan tak bisa digerakan pasti patah
Jika bentuk anggota tubuh tidak tampak berubah drastis , belum bisa dipastikan anggota tubuh tersebut patah . Cara yang akurat untuk memastikannya adalah dengan pemantauan menggunakan rontgen (x ray).
https://oangsun.blogspot.com/2018/12/mitos-dalam-pppk.html

Perlakukan dengan hati - hati dengan asumsi jika memang terdapat bagian tubuh yang patah , maka tidak akan parah.

  • Membalut luka cara terbaik merawat luka
Sebenarnya membalut luka kita bisa secara tak sengaja menghilangkan bagian tubuh yang berfungsi menutup luka secara alami dan bisa membuat pendarahan semakin parah . sebaiknnya tekan saja bagian luka tersebut.
https://oangsun.blogspot.com/2018/12/mitos-dalam-pppk.html


  • Jika menelan racun , kita harus membuatnya mula agar bisa muntah
Jika seseorang memasukan jari kebagian dalam belakang mulut , bagian anak tekak (vomit) akan menghalangi udara . Carilah pertolongan medis dan cari tahu jenis racun yang tertelan , kapan dan berapa banyak . Sangat membantu pertolongan lebih jauh.

  • Pertolongan dengan melakukan CPR pada seseorang bisa merusak jantung .
Bukti dilapang tidaklah membahayakan melakukan pertolongan  menekan dada.

https://oangsun.blogspot.com/2018/12/mitos-dalam-pppk.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mitos dalam PPPK"