Cara Menulis Huruf Arab di Blog dengan Mudah

https://oangsun.blogspot.com/2019/05/cara-menulis-huruf-arab-di-blog-dengan.html

Assalamualaikum wr.wb.

Dalam menulis huruf arab di blog rasanya tidak mungkin bisa kita lakukan , hal itu disebabkan karena keyboard yang digunakan adalah keyboard latin , yang mana tidak mendukung karakter huruf arab yang diawali dari huruf  "alif" sampai "ya". Saya sebagai blooger pemula sempat bingung bagaimana cara menulis huruf arab di blog.

Ya , rasanya ada yang kurang jika kita menyampaikan ayat Al-Quran , hadist dan doa hanya artinya saja tanpa menyertakan ayatnya kurang menyakinkan dan hambar , seperti sayur tanpa garam 😁. Ya begitulah masa lalu diriku sebagai blogger pemula . Tapi sekarang jangan khawatir ada solusinya sahabat blogger dan sangat mudah untuk menggunakannya.

Sebenarya sangat sederhana sekali , kita hanya membutuhkan tool arabic keyboard dan kita bisa membuka situs yang menyediakan tool tersebut , silahkan masuk ke alamat ini https://www.lexilogos.com/keyboard/arabic.htm , maka setelah masuk situs tersebut , akan tampil seperti Gambar 1.1


https://oangsun.blogspot.com/2019/05/cara-menulis-huruf-arab-di-blog-dengan.html
Gambar 1.1
Silahkan sahabat blogger menulis huruf arab , dengan mengklik huruf hijaiyyah tersebut kemudian pilih  harakatnya juga . Dan web tersebut ada pilihan seperti berikut :
  • Copy = untuk mengcopy huruf arab yang tadi kita input
  • Space = spasi untuk mengatur jarak antar huruf
  • Small frame = tampilan bingkai pada tampilan tulisan pada web lexilogos tersebut kecil / sempit seperti pada Gambar 1.1
  • Large frame = tampilan bingkai pada tampilan tulisan pada web lexilogos tersebut luas / lebar seperti pada Gambar 1.2
https://oangsun.blogspot.com/2019/05/cara-menulis-huruf-arab-di-blog-dengan.html
Gambar 1.2
Jika sudah selesai menulis huruf arab tersebut silahkan klik copy , kemudian paste kan pada blog atau web Anda , cukup mudah bukan ?.Namun ketika sudah mempastekan huruf arab tersebut ko malah kecil hurufnya , maka untuk merubahnya / memperbesarnya silahkan menambahkan sedikit kode html ke blog anda dengan klik HTML yang berada kiri atas bersanding dengan Compose.

Silahkan tambahkan kode HTML seperti  :

<div style="font-family: 'traditional arabic'; font-size: 33px; font-weight: bold; text-align: right;">
مُنَادِيْ</div>

Nah setelah itu atur ukuran huruf arab tersebut dengan mengubah angka font size tersebut  dengan mengubah sesuai keinginan kita ,font weight : bold untuk menebalkan dan jika ingin dimiringkan ubah dengan italic, sementara text align untuk posisi teks atau huruf tersebut mau dirata kanan rata tengah dan lain-lain pasti sahabat blogger sudah hapal

Demikian cara menulis huruf arab dengan mudah , bagi Sahabat blogger khususnya yang suka dengan postingan doa , hadist , maupun ayat suci Al-Quran.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menulis Huruf Arab di Blog dengan Mudah"