Download Berita Acara & Pengertian Zakat Fitrah

https://oangsun.blogspot.com/2019/05/download-berita-acara-pengertian-zakat.html

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Zakat Fitrah merupakan salah satu zakat yang harus di keluarkan oleh setiap individu merdeka laki-laki maupun pria dan mampu serta sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan . Zakat merupakan rukun islam ke- 4 , maka kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk selalu membayar zakat terutama zakat fitrah . Zakat fitrah adalah pelengkap ibadah puasa kita , maka daripada itu tanpa zakat puasa kita tidak terlengkapi. Selain itu juga zakat juga sebagai pembersih harta kita.

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى الله عليه وسلم    قَالَ : أُمِرْتُ أَنْ أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَشْهَدُوا أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ، وَيُقِيْمُوا الصَّلاَةَ وَيُؤْتُوا الزَّكاَةَ، فَإِذَا فَعَلُوا ذَلِكَ عَصَمُوا  مِنِّي دِمَاءُهُمْ وَأَمْوَالُـهُمْ إِلاَّ بِحَقِّ الإِسْلاَمِ وَحِسَابُهُمْ عَلَى اللهِ تَعَالىَ


"Dari Ibnu Umar r.a sesungguhnya Rasulallah SAW bersabda  : Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Nabi Muhammad adalah Rasulallah , menegakkan shalat , menunaikan zakat. Jika mereka melakukan hal itu maka darah dan harta mereka akan dilindungi kecuali dengan hak Islam dan perhitungan mereka ada pada Allah SWT." (HR .Bukhori No 25 Muslim No 22)


Syarat-syarat wajib Zakat Fitrah :
  • Beragama Islam dan Merdeka
  • Menemui dua waktu , yaitu diantara bulan ramadhan dan syawal walaupun hanya sesaat
  • Mempunyai harta lebih dari pada kebutuhannya sehari-hari untuk dirinya dan orang-orang dibawah tanggungan pada hari raya dan malamnya.
Syarat-syarat tidak wajib Zakat Fitrah :
  • Orang yang meninggal sebelum terbenam  matahari pada akhir Ramadhan
  • Anak yang lahir selepas terbenam matahari pada akhir Ramadhan
  • Orang yang baru memeluk agama islam sesudah matahari terbenam pada akhir Ramadhan
  • Tanggungan istri yang baru saja dinikahi selepas matahari terbenam pada akhir Ramadhan

حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ عَمْرِو بْنِ مُسْلِمٍ أَبُو عَمْرٍو الْحَذَّاءُ الْمَدَنِيُّ حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نَافِعٍ الصَّائِغُ عَنْ ابْنِ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ مُوسَى بْنِ عُقْبَةَ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَأْمُرُ بِإِخْرَاجِ الزَّكَاةِ قَبْلَ الْغُدُوِّ لِلصَّلَاةِ يَوْمَ الْفِطْرِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ وَهُوَ الَّذِي يَسْتَحِبُّهُ أَهْلُ الْعِلْمِ أَنْ يُخْرِجَ الرَّجُلُ صَدَقَةَ الْفِطْرِ قَبْلَ الْغُدُوِّ إِلَى الصَّلَاةِ

"Telah menceritakan kepada kami ( Muslim bin Amru bin Muslim Abu Amru Al Khaddza Al Madani) telah menceritakan kepadaku ( Abdullah bi Nafi' As Sha'igh)dari (Ibnu Abu Zannad) dari ( Musa bin Uqbah) dari (Naf'i') dari (Ibnu Umar) bahwasanya Rasulallah SAW memerintahkan untuk membayar zakat sebelum berangkat ( ke tempat shalat) pada hari raya idul fitri . Abu Isa berkata , ini merupakan hadits shahih gharib , atas dasar ini para ulama lebih menganjurkan untuk membayar zakat fitrah sebelum berangkat shalat ". (HR.Tirmidzi:613).

Berikut ini adalah contoh BERITA ACARA ZAKAT FITRAH

DOWNLOAD

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Berita Acara & Pengertian Zakat Fitrah"