Cerita Singkat Asal Usul Nama Majalengka

Cerita Singkat Asal Usul Nama Majalengka
Pada abad XVI , diwilayah Majalengka terdapat tiga Kerajaan Hindu yakni :
  • Rajagaluh dengan Rajanya Prabu Cakraningrat
  • Talaga Manggung dengan Rajanya Prabu Pucuk Umun
  • Sindangkasih dipimpin seorang Ratu yakni Nyai Rambut Kasih
Nyai Rambut Kasih bukan hanya terkenal dengan kecantikannya akan tetapi dia juga terkenal dengan kesaktiannya, Ratu yang agung akan wibawanya dan berkharisma , serta jadi panutan masyarakatna.Sebagian di wilayah Sindangkasih masih berupa hutan belantara , diantara tumbuhan ada yang disebut pohon maja, yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan demam , tak jauh dari Sindangkasih , di Cirebon ada sebuah pemerintahan yang dipimpin oleh Syech Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati). Pada waktu itu , di Cirebon dilanda sakit demam , banyak yang terserang bahkan ada yang sampai meninggal .
Cerita Singkat Asal Usul Nama Majalengka
Aegle Marmelos Maja Manis Bilwa
    Syarif Hidayatulloh mengutus Pangeran Muhammad dan Siti Armilah untuk mencari buah maja , agar penduduk Cirebon yang terkena sakit muriang lekas sembuh. kemudian kedua utusan tersebut berangkat,namun selain mencari buah maja , Pangeran Muhammad dan Siti Armilah punya tujuan yang lain yakni menyebarkan agama islam .Dikarenakan utusan  dari Cirebon datangnya ke Sindangkasih tidak permisi dan minta izin , Nyi Rambut Kasih tidak suka wilayah kekuasaannya diinjak oleh orang lain . Nyi Rambut Kasih mengeluarkan kesaktiannya , Hutan yang dulunya banya pohon maja kini hilang tanpa karena ,kemudian kedua utusan tersebut tidak menemukan apa yang dicari , sebab pohon maja yang dulunya banyak kini hilang.
"Majané Langka,Majané Langka"kata utusan dina bahasa Cirebon , yang maksudnya adalah buah majanya tidak ada .Dengan demikian tempat tersebut terkenal dengan daerah "Majalengka" setelah itu terkenal dengan "Majaléngka".
Crescentia Cujete Maja Pahit Bernuk
   Walaupun yang dicari tidak ditemukan , Pangeran Muhammad dan Siti Armilah tidak langsung pulang ke Cirebon ,Mungkin saja di satu waktu akan menemukan pohon maja , Jadi kedua utusan tersebut tidak henti-hentinya mencari pohon maja sembari menyebarkan agama islam ke mayarakat , syukur-syukur bisa mengislam Nyi Rambut Kasih. Setelah memberikan didikan agama islam diwilayah tempat tersebut , Pangeran Muhammad berdiam di Gunung Margatapa , kalau Siti Armilah ikhtiar dengan berbagai cara mengislamkan Nyi Rambut Kasih , namun keukeuh tidak ada hasil . Nyi Rambut Kasih tetap teguh dengan agama yang dianutnya, sampai akhirnya ngahiyang.
    Setelah ditinggal oleh Sang Ratunya , Kerajaan Sindangkasih berada dikekuasaan kawasan Cirebon , serta seterusnya dinamai Majaléngka.Pangeran Muhammad wafat dimakamkan di Margatapa dan Siti Armilah wafat dimakamkan dibelakang pendopo Kabupaten Majalengka , yang terkenal makam Ki Gedeng Badori.
Dan sekarang buah Maja menjadi icon di perempatan Cigasong - Maja dimana dibunderan tersebut diatas tugunya ada buah Maja menghiasinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cerita Singkat Asal Usul Nama Majalengka "