Talenan Kayu vs Talenan Plastik

    
Talenan Kayu vs Talenan Plastik

Zaman modern sering disebut juga sebagai zaman atom. Dibeberapa daerah seperti di Nusa Tenggara Timur masih sering terdengar orang menyebut bahan terbuat dari plastik sebagai bahan atom . Ember plastik disebut ember atom , sisir plastik disebut sisir atom, dan seterusnya. Plastik atau atom sering diidentitaskan dengan makna modern.
     Itulah sebabnya banyak orang beralih kebarang-barang dari plastik sampai papan plastik alias talenan.Talenan yang dulu terbuat dari kayu , akhir-akhir ini banyak diganti bahannya dari plastik yang umumnya berwarna putih bersih . Konon , bahan itu dipilih karen membersihkannya lebih mudah, karena sisa makanannya segera  terbuang . Sementara talenan kayu harus dikerok dengan pisau atau parang dulu untuk melepaskan sisa-sisa makanan yang menempel disela-sela serat kayu . Selain itu masyarakat umum takut serpihan kayu yang ikut terkonsumsi bersama makanan yang dicincang diatasnya dan hal itu mengganggu kesehatan.
Tapi dalam kenyataanya , justru terjadi sebaliknya. Hal ini dibuktikan dari penelitian yang dilakukan Dean Cliver dan mahasiswanya dari Universitas Wisconsin di Madison , AS.Eksperimen dilakukan terhadap empat macam talenan plastik dan tujuh macam talenan kayu . Masing-masing talenan dikontaminasi dengan tiga jenis bakteri yang biasanya menyebabkan keracunan makanan , yakni :
  • Salmonella
  • Listeria 
  • Escherichia
Talenan dikeram selama semalam pada suhu kamar dengan kelembapan biasa maupun tinggi
.Ternyata 99,9% bakteri yang berada pada talenan kayu segera mati dalam tempo tiga menit. Sebaliknya , bakteri yang ada ditalenan plastik berkembang biak.
      Jadi talenan kayu lebih aman dan sehat dibanding talenan plastik . Tentu saja dengan catatan dan faktor kebersihan  patut diberi prioritas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Talenan Kayu vs Talenan Plastik"