7 Manfaat Jintan Putih

https://oangsun.blogspot.co.id/2018/01/7-manfaat-jintan-putih.html

Jintan Putih pada umumnya digunakan sebagai bumbu dapur pada sejumlah masakan Indonesia , terutama dari Sumatera ,Bali dan Sulawesi .Aromanya kuat dan memberi efek pedas .Di Thailand dikenal dengan sebutan YEERA (dari nama Hindi gheera), di Malaysia sama seperti di Indonesia disebut sebagai Ji ntan Putih , dan dalam literatur  Inggris disebut cumin , untuk penjualannya Jintan Putih dijual dalam bentuk biji kering .(bentunya memanjang seperti beras berwarna cokelat muda).

Jintan Putih atau Cuminum cyminum merupakan tumbyhan berbunga dari famili Apiaceae yang berasal dari daerah Laut Tengah bagian Timur sampai India bagian Timur. Tanaman ini  merupakan tanaman tahunan berbentuk terna dengan bentuk batang ramping bercabang dengan tinggi 20-30 cm .Panjang daun 5-10 cm , berbentuk menyirip atau menyirip rangkap dan memiliki anak daun seperti benang . Bunganya kecil , berwarna putih atau merah muda , dan bergerombol pada payungan bunga .Buahnya merupakan longkah (achene) menggelondong lateral atau oval dengan panjang 4-5mm dan mengandung satu biji .Biji Jintan putih mirip dengan  biji adas , tetapi lebi gelap dan kecil.



Manfaat Jintan Putih

https://oangsun.blogspot.co.id/2018/01/7-manfaat-jintan-putih.html

Sekarang banyak tradisi boga yang menggunakannya , mulai dari Yunani , Eropa , Asia Selatan dan Tenggara dan Timur , hingga ke Amerika . Masakan Meksiko ddikenal dengan memakai Jintan Putih yang paling dikenal sebagai campuran bumbu kari.Selain itu jintan putih juga bermanfaat sebagai :

  1. Mengobati Sakit Perut = Jintan putih digunakan sejak dahulu kala dan sudah dimanfaatkan kandungannya untuk mengobati sakit perut . Jika anda mengalami kembung , perut bergas , perut perih maupun diare bisa diredakan dengan mengkonsumsi jinta putih.
  2. Merilekskan Otot-otot = Jintan putih memilliki magnesium dan potasium .Kedua komponen tersebut sangat bermanfaat untuk melemaskan dan merilekskan otot-otot tubuh yang tegang sepeti saat setelah berolah raga atah setelah bekerja seharian.
  3. Menyehatkan sistem pencernaan = Jintan putih menyehatkan sistem pencernaan secara menyeluruh . Ini karena jintan putih mengandung tinggi serat serta terdapat pula anti mikroba dan anti fungal sehingga dapat melindungi sistem pencernaan dari serangan penyakit berbahaya yang dapat menyerang organ-organ pencernaan.
  4. Membantu mengobati dan mencegah Ambeien = Ambeien pada dasarnya diakibatkan oleh sembelit akibat kurangnya serat sehingga menimbulkan luka pada anus .Sehingga luka tersebut dapat menimbulkan infeksi yang mengakibatkan ambeien tersebut .Tingginya kandungan serat didalam jintan putih dapat melancarkan pencernaan  mencegah ambeien sekaligus membantu mencegah ambeien , sedangkan anti mikrobanya dan  anti fungal di dalam jintan putih akan membantu menyembuhkan ambeien 
  5. Menyembuhkan penyakit Kanker = kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan . Jintan putih mengandung fito kimia yang dapat membentuk anti oksidan , anti oksidan sangat penting dalam melawan radikal -radikal bebas penyebab kanker
  6. Menyembuhkan Gangguan Pernafasan  = Mengobati gangguan yang terjadi pada sistem pernafasan seperti bronkhitis , asma dan gangguan pernafasan lainnya .Didalam Jintan Putih mengandung kafein sebagai stimulang agent serta minyak esensial yang berfungsi sebagai disinfektan.Kandungan-kandungan tersebut menjadikan jintan putih sebagai obat alami yang idela untuk meredakan asma ataupun bronkhitis
  7. Menyehatkan kulit = Jintan putih mengandung  vitamin E yang cukup tinggi yakni 3,3 mg yang dapat memenuhi sekitar 22 % kebutuhan vitamin E setiap harinya. Vitamin E sangat dibutuhkan dan membuat kulit sehat dan bercahaya .

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "7 Manfaat Jintan Putih "

devinavie said...
This comment has been removed by a blog administrator.