10 Manfaat Ampuh Buah Pala / Mace / Nutmeg

https://oangsun.blogspot.co.id/2018/01/10-manfaat-ampuh-buah-pala-mace-nutmeg.html

Kepulauan Banda dan Maluku adalah tempat dimana Pala berasal .Akibat nilainya yang tinggi sebagai rempah , buah dan biji pala telah menjadi komoditi perdagangan yang penting sejak masa Romawi.Pala atau (myristica fragrans).Pala atau Si Tua juga sering disebut-sebut dalam eknsiklopedia karya Plinius.Semenjak Zaman Eksplorasi Eropa Pala tersebar luas didaerah tropika lain seperti Mauritius dan Karibia(Grenada).Istilah Pala Juga dipakai untuk biji Pala yang diperdagangkan.

Pala dipanen biji,salut bijinya (arillus) , dan daging buah . Dalam perdagangan ,salut biji pala dinamakan fuli , atau dalam bahasa Inggris disebut mace , dalam istilah farmasi disebut myristica fructus cortex.Panen pertama dilakukan 7 sampai 9 tahun setelah pohonnya ditanam dan mencapai kemampuan produksi maksimum  setelah 25 tahun .Tumbuhannya dapat mencapai 20 meter dan usianya bisa mencapai ratusan tahun.Sebelum dipasarkan , biji dijemur hingga kering setelah dipisah dari fulinya.Pengeringan ini memakan waktu enam sampai delapan minggu .Bagian dalam biji akan menyusut dalam proses ini dan akan terdengar bila bijinya digoyangkan .Cangkang biji akan pecah dan bagian dalam biji dijual sebagai Pala.

Pala adalah tumbuhan berumah dua (dioecious) sehingga dikenal pohon jantan dan betina.Daunnya berbentuk elips langsing.Buahnya berbentuk lonjong seperti lemon , berwarna kuming , berdaging dan beraroma khas karena mengandung minyak atsiri pada daging buahnya .Bila masak,kulit dan daging buah membuka dan biji akan terlihat terbungkud fuli yang berwarna merah .Satu buah menghasil satu biji berwarna cokelat.

Biji Pala mengandung minyak atsiri 1-14%,Senyawa Kimia,Energi(42 Kkal),Protein(0,3 gram) Lemak(0,2)Karbohidrat (10,9 gram) Zat samak , Zat Pati , Saponin , Scolopetin , Miristisin , Elemisi , Enzim Lipase , Pektin , Limonene , Asam Oleanolat , Gula Pati , Zat Besi (2mg) Kalsium,(32mg), Vitamin , A ,B1 dan C.Bubuk pala dipakai sebagai penyerap roti , puding , kue ,saus, sayuran dan minuman penyegar (Seperti Eggnog).Minyaknya juga dipakai sebagai campuran parfum atau sabun. Selain manfaat itu pala juga bisa :

1.Mengobati Hepatitis

Banyak penyakit Hepatitis yang bisa diobati menggunakan buah pala atau mengkonsumsi  sari Pala.Hal itu dikarenakan kandungan asam oleanolat  bisa melindungi hati dan bersifat sebagai anti virus , sehingga virus hepatitis pun bisa dihindari atau hati bisa lebih terjaga.

2.Mencegah Kurang Darah (Anemia)

Manfaat zat besi yang ada dalam buah pala bisa meningkatkan dan memperbaiki sel darah merah. Didalam tubuh sehingga bisa mencegah gejala anemia pada seseorang.

3.Mengobati Kencing Manis (Diabetes)

Penemuan terbaru menemukan fakta bahwa senyawa kimia pada manfaat buah pala bernama macelignan untuk pembuatan obat anti diabetes.Senyawa ini bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah didalam tubuh seseorang dan mencegah komplikasi yang dihasilkan dari penyakit diabetes.

4.Meningkatkan Imun Pada Tubuh

Mengkonsumsi buah Pala yang mengandung manfaat vitamin c bisa meningkatkan sistem imun yang ada didalam tubuh seseorang.

5.Menciptakan Mata Sehat

Mata yang sehat bisa dicptakan dengan buah pala. Hal itu karena didalam buah Pala mengandung manfaat Vitamin A yang tinggi .Vitamin A yang ada manfaat buah pala pun bisa menjernihkan pandangan atau penglihatan.

6.Menghilangkan Stress 

Mengkonsumsi ekstra buah pala bisa bermanfaat untuk menghilangkan stress. Hal itu dikarenakan kandungan miristisin dalam buah pala , berguna untuk menghambat protein monoamine oksidase yang dipercaya sebagai penyebab timbul stress.

7.Mengobati Flu (Influenza)

Kandungan oleanolat merupakan senyawa yang ada dalam didalam makanan maupun minuman.Asam tersebut tidak beracun dan juga bersifat anti virus,

8.Menghilangkan BB (Bau Badan)

Minyak atsiri dan Kandungan Limonene yang ada dalam buah pala bila menghalau bau badan dan bau mulut yang tidak sedap

9.Mengobati Sakit Gigi dan Infeksi Gusi

Zat Samak Pada Pala bersipat bisa mematikan kuman dalam tubuh.Mengkonsumsi dan meminum sari pala bisa mengobati sakit gigi dan infeksi gusi.

10.Menangkal Radikal Bebas

Senyawa kimia yang ada didalam buah pala bisa bermanfaat untuk menangkal radikal bebas .Radikal bebas  ada disekitar kita dan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit dan masalah kesehatan.

Demikian sedikit informasi dari buah Pala dan manfaatnya, semoga bermanfaat . Aamiin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Manfaat Ampuh Buah Pala / Mace / Nutmeg "