Manfaat Kemiri (Muncang) atau Candleberry di Berbagai Negara

https://oangsun.blogspot.co.id/2018/01/manfaat-kemiri-muncang-atau-candleberry.html

Kemiri atau muncang (bahasa sunda) adalah tumbuhan yang dimanfaatkan bijinya untuk sumber miyak dan rempah-rempah , tanaman ini masih bersaudara dengan ketela pohon atau singkong dan kemiri juga termasuk dalam suku Euphorbiaceae ,  kemiri atau dalam bahasa kerennya Aleurites moluccana sangat terkenal dalam dunia perdagangan antar negara terkenal dengan sebutan candleberry,Indiannut /kacang indian atau candlenut .Sementara itu untuk pohonnya disebut dengan varnish tree atau kukui nut tree.Sementara Tung oil atau minyak tung adalah Minyak yang diektra  dari biji kemiri yang digunakan sebagai bahan campuran cat.

Kemiri adalah tumbuhan resmi dari negara bagian Amerika yakni Hawaii, namun tanaman ini sudah menyebar luas didaerah-daerah trofis .Tinggi tanaman ini mencapai sekitar 15-25 meter , daunnya berwarna hijau pucat .Kacangnya memiliki diameter sekitar 4-6 cm , bijinya yang terdapat didalamnya memiliki pelindung yang sangat keras dan banyak mengandung minyak yang cukup banyak , yang kemungkinan digunakan untuk lilin.Penanaman kemiri modern kebanyakan hanya untuk memperoleh minyaknya.Dalam setiap penanaman , masing-masing pohon akan menghasilkan 30-80 kg kacang kemiri dan sekitar 15-20 persen dari berat tersebut merupakan minyak yang didapatkan.

Di Hawaii , pohon kemiri adalah simbol penerangan , perlindungan , dan perdamaian , Biji kemiri juga mengandung bahan beracun dengan kekuatan yang ringan , karena tidak dianjurkan mengkonsumsi kemiri secara mentah-mentah , karena biji kemiri mengandung banyak toksin , oleh itu maka biji kemiri harus disangray (memanaskan tanpa minyak dan air)terlebih dahulu , agar mengurangi toksin dan minyaknya.

Dan di Hawaii ada sebuah mitologi dimana kemiri itu dianggap dewa babi , tapi dalam bentuk tubuh kampaua'a , Jadi begini ceritanya ada seorang wanita yang meskipun telah melakukan segala usahanya yang terbaik untuk menyenangkan suaminya , sering dipukuli, Akhirnya , suami itu membunuhnya hingga mati dan menguburnya dibawah pohon kukui .Karena sang isteri baik hati dan adil , ia pun memperoleh kehidupan kembali , dan suaminya pun akhirnya terbunuh.

Manfaat  Kemiri

Kemiri memiliki kesamaan dalam rasa dan tekstur dengan macadamia yang juga memiliki banyak kandungan minyak yang hampir sama.Kemiri mentah sedikit beracun .
  1. Di Hawaii    =   Pada masa kunao kemiri / kukui dibakar untuk menghasilkan cahaya .Kemiri disusun berbaris memanjang pada sebuah daun palem , dan dinyalakan salah satu ujungnya  dan akan terbakar satu demi satu setiap lima belas menit atau lebih.Ini juga berguna sebagai alat pengukur waktu .Misalnya bila seseorang bisa meminta orang lain untuk kembali kerumah sebelum kemiri kedua habis terbakar
  2. Di Hawaii =   Menjadi bumbu Inamona , dengan bahan kemiri dibakar dan cimpur dalam pasta dan garam .
  3. Di Tonga = Kemiri matang dinamai tui- tui dan dijadikan pasta (TUKILAMULAMU) ,dan dapat digunakan sebagai shampoo dan sabun.
  4. Di Jepang = Kulit kayunya telah digunakan untuk tumor
  5. Di Sumatera Indonesia = bijinya dibakar dengan arang , lalu diolesi disekitar pusar unruk menyembuhkan diare.
  6. Di Malaysia dan Indonesia = kemiri dijadikan bumbu masakan sebagai saus kental yang dimakan dengan sayur dan nasi
  7. Di Jawa Indonesia = kulit batangnya digunakan untuk disentri atau diare.
  8. Di Indonesia = Dijadikan  sebagai penyubur rambut.
Demikian sedikit informasi dari Kemiri dan manfaatnya semoga bermanfaat sampai Yaumilakhir aamiin 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Kemiri (Muncang) atau Candleberry di Berbagai Negara"