Asal Usul Sejarah dan Tokoh Pantomim

https://oangsun.blogspot.co.id/2018/02/asal-usul-sejarah-dan-tokoh-pantomim.html

Istilah Pantomim (Pantomimus dalam bahasa latin berarti meniru segala sesuatu) berasal dari bahasa Yunani yang artinya isyarat . Jadi Pantomim adalah sebuah pertunjukan yang tidak menggunakan bahasa verbal. Pertunjukan itu bahkan bisa sepenuhnya tanpa suara , yang jelasnya pantomim adalah sebuah pertunjukan yang bisu yang menggunakan isyarat dalam bentuk mimik wajah atau gerak tubuh sebagai dialog. Menurut Aristoteles , pantomim telah dikenali sejak zaman Mesir Kuno dan India , dalam perkembangannya lemudian menyebar sampai ke Negeri Seribu Dewa Yunani.

Sebagaimana yang dituliskan Aristoteles dan Potics itu.Lebih lamjut Aristoteles menjelaskan bahwa teori Pantomim tersebut bermula dari temuan-temuan pada relief - relief candi dan piramida . Dikisah dalam relief tersebut ada gambaran tentang laki-laki dan perempuan sedang melakukan gerakan yang diduga bukan tarian .Aristotelesdan Potics memberikan pengertian pantomim dengan ciri-ciri yang basic , yang lahir dari aktivitas manusia karena gerak menirukan yang tidak mendasarkan pada rhytm secara dominan.Maka seni gerakan tubuh ini wujud sebagai isyarat .Menurut Richard Levin 1960 "Aristoteles berkata Pantomim adalah seni pertunjukan yang hanya dengan gerak-gerik melalui bahasa tubuh bahkan cenderuh bisu ".Dalam Grolier Academik Encylopedia dituliskan bahwa pantomim adalah suatu cerita , suatu tema , yang diceritakan atau dikembangkan melalui gerka tubuh dan wajah yang ekspresif.Kemudian Charles Aubert mengatakan , bahwa Pantomim adalah seni pertunjukan yang diungkapkan melaui ciri-ciri dasarnya yakni ketika orang melalukan gerak atau isyarat yang secara umum berbahasa bisu.


Tokoh - tokoh pemeran Pantomim

https://oangsun.blogspot.co.id/2018/02/asal-usul-sejarah-dan-tokoh-pantomim.html

1.Pablo Zibes

Pria asal kelahiran tahun 1995 di Buenos Aires , Agentina ini yang kini menetap di Jerman ini pernah menempuh pendidikan di Sekolah seni di Buenos Aires ,Argentina tepatnya di Raūl Serrano.Pablo zibes memiliki gaya sendiri , yakni mencampurkan pantomim dan badut.Dalam Setiap pentas dan karakternya yang sukses ini , tak luput dikarenakan pada awal profesinya dia sudah bekerja sebagai mimo jalanan dibeberapa negara Eropa dan di Asia.Sementara untuk Genre Pantomim yang sering dibawakan Pablo Zibes adalah Slaptick , mime, dan komedi visual.

2.Marcel Marceau

Marcel Marceau pernah melakukan pentas di Indonesia , seniman asal Prancis 22 Maret 1923 ini dikenal dengan teknik pantonimnya yang disebut dengan teknik moonwalking yang dipopulerkan oleh Michael Jackson .Namun pada tanggal 22 September 2007 , beliau meninggal pada usia 84 tahun.

3. Charlie Chaplin

Charlie chaplin atau lengkapnya adalah Sir Charles Spencer "Charlie Chaplin" adalah seorang pria yang lahir pada tanggal 16 April 1889 di Inggris , beliau adalah seorang komposer , pembuat film dan aktor komedi asal Inggris yang terkenal pada era film bisu .Dengan filmnya yang berjudul "The Tramp" Chaplin menjadi ikon di seluruh dunia , dikarenakan mempunyai pesona saat di layar lebar dan menjadi salah satu figur yang sangat berpengaruh dalam sejarah industri film .Dalam hidupnya Charlie Chaplin selalu diwarnai oleh kontroversi dan perzinahan .Kariernya berjalan selama lebih dari 75 tahun . Dari masa kecilnya pada era Victoria sampai setahun sebelum kematiannya (Charlie Chaplin meninggal 25 Desember 1977 / 88 tahun ).

Berikut fakta-fakta Charlie Chaplin :
  1. Dia menulis satu novel  Footlight adalah judul karyanya yang ditulis pada saatt berusia 59 tahun, karya tersebut tidak dirilis hingga 2014
  2. Dia mempunyai 4 istri Charlie Chaplin dan semuanya masih remaja ,Istri Chaplin jauh lebih muda dari dia . Saat berusia 29 tahun, ia menikahi Mildred Harris (1918) yang berusia 16 tahun namun mereka harus bercerai dua tahun kemudian(1920).Ketika berusia 35 tahun,(1924)dia menikai seorang gadis yang berusia 16 tahun ,Lita Grey ,di Meksiko untuk menghindari undang-undang pemerkosaan di California.Pernikahan mereka berakhir tiga tahun kemudian dalam kasusu perceraian yang dipublikasikan(1927).Isteri ke tiga yaitu Pauletta Goddard (1936 dan bercerai pada tahun 1942).Dan Isteri terakhir adalah Oona Oneill (1943).Dan Chaplin dikarunia 11 anak
  3. Para pencuri menggali kuburnya dan memindahkan peti matinya, Pada tanggal 1 maret 1978 , peti mati Chaplin digali dan dikubur kembali di ladang jagung oleh dua orang yang ingin neneras uand dari isterinya oona .Chaplin baru saja dikuburkan dipemakaman di Swiss , sekitar tiga bulan saat iti.
  4. Film-filmnya diproyeksikan dilangit-langit rumah sakit selama Perang Dunia I .
  5. Chaplin adalah seorang warga negar inggris yang tinggal di Amerika selama perang dunia I .Namun ia tidak memperjuangkannegara mana pun dalam kapasitas resminya.
  6. Patung Oscar kehormatan pada tahun 1928 dicuri dari kantor Asosiasi Chaplin di Paris . Pencuri itu mungkin bukan penggemar Chaplin 
  7. Dia sendiri mengubah musik untuk sebagian besar filmnya.Dia bisa memainkan Cello dan Piano
  8. Chaplin meninggal pada usia tua saat tidur di hari natal 1977 dirumahnya yang berada di Swiss .
4. Septian Dwi Cahyo 


Dunia Pantomin di Tanah Air pernah melambung setelah dekade 1986.Ketika itu muncul bersamaan dengan tren breakdance .Hingga tahun 1997.Geliatnya masih terasa , baik pantomim klasik atau pantomim yang lebih menyasar ke dance.Seperti tokoh pantomim Indonesia Septian Dwi Cahyo ,suami dari Uci Ananda ini mulai aktif di pemain pantomim sejak 1980 hingga sekarang .Dan Pria asal Jakarta, yang lahir pada tanggal 4 september 1968 ini pula pernah bermain layar lebar seperti Lupus, Gejolak kawula muda , Nenek Lampir dan Pengantin Remaja.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Asal Usul Sejarah dan Tokoh Pantomim "

Sandrina said...

Wah sejarah yang sangat bagus... terima kasih