Jenis -Jenis Printer dan 11 Cara Pas Merawat Printer


https://oangsun.blogspot.co.id/2018/02/jenis-jenis-printer-dan-11-cara-pas.html
Printer tersedia dalam berbagai merk yang beredar di pasaran , seperti Epson ,Canon ,HP atau Hewlet Pack ard lexmark dan lain-lain .Selain berbagai merk yang disediakan , Anda juga harus mengetaui pula beberapa jenis printer yang disediakan dipasaran , yaitu Printer inkjet , printer laser jet , printer dot matrik dan thermal printer .Printer yang biasa menjadi satu paket dengan pembelian printer baru ialah printer inkjet.Berikut ini adalah pengertian dari jenis -jenis printer tersebut .
  • Printer Inkjet adalah jenis printer yang menggunakan tabung isi tinta diluar printer sehingga anda tidak perlu membongkar printer jika akan mengisi ulang.Printer ini paling banyak digunakan dikalangan masyarakat terutama di Warnet dikarenakan printer ini relatif murah , lebih mudah mencetak gambar dan warna , kemampuan mencetak kertas yang lebar dengan kualitas baik dan Dpi dan ppm lebih tinggi dari pada dot matrik, namun ada juga kekurangannya yaitu tidak dapat mencetak rangkap , biaya operasional lebih mahal dan waktu mencetak menjadi lebih panjang
https://oangsun.blogspot.co.id/2018/02/jenis-jenis-printer-dan-11-cara-pas.html
Printer Inkjet

  • Printer do matrik adalah printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakan .Karena menggunakan pita untuk menampilkan output ke kertas , hasil percetakan printer dengan dot matrik agak kasar dan kurang bagus.Meskipun saat ini teknologi printer sudah semakin canggih , namun printer do matrik masih diproduksi .Sebab printer do matrik dapat digunakan untuk mencetak tembusan , yang biasanya digunakan untuk membuat tembusan kwitansi , bon dan dokumen keuangan lainnya.Kelebihan dari printer do matrik adalah dapat mencetak rangkap sekaligus , dapat mencetak ukuran kertas yang lebar dan biaya printer dan tinta murah disisi lain juga ada kelemahannya yaitu Dpi dan ppm rendah , suaranya berisik ketika bekerja , warna yang dihasilkan tidak bervariasi , dan geraknya sangat lamban.
https://oangsun.blogspot.co.id/2018/02/jenis-jenis-printer-dan-11-cara-pas.html
Printer do matrix

  • Printer Laser Jet merupakan jenis printer yang sangat bagus dibanding dari yang dua tadi , Printer ini menggunakan alat pencetak tidak menggunakan tinta melainkan bubuk toner dan percetakan menggunakan inframerah.Kerja printer ini mirip dengan mesdin fotocopy yaitu menggunakan photografihic drum.Kualitas cetakan yang dihasilkan cepat juga cukup tajam.Dan untuk harganya adalah dua kali lipat dari harga printer inkjet.Kelebihan dari printer laser jet ini memang sangat efisien untuk mencetak hitam putih dengan sangat cepat dikarenakan dpi dan ppm nya yang sangat tinggi dan kapasitas warna lebih banyak dibandingkan printer indoor lainnya , namun ada juga kekurangan dari printer ini yaitu biasa opersional yang tinggi dan tidak dapat digunakan secara terus menerus.
https://oangsun.blogspot.co.id/2018/02/jenis-jenis-printer-dan-11-cara-pas.html
Printer Laser Jet

  • Printer Thermal merupakan printer yang menggukan panas untuk mencetak diatas kertas , bukan cartridge tinta yang digunakan dalam printer jenis ini.Printer ini digunakan biasanya di SPBU untuk mencetak struk ,mesin ATM , mesin antrian ,kios informasi kasir dan lain-lain.
https://oangsun.blogspot.co.id/2018/02/jenis-jenis-printer-dan-11-cara-pas.html
Thermal Printer
Adapun cara merawat printer tersebut dengan baik dan benar, berikut ini tips atau cara merawat printer .

11 Cara Pas Merawat Printer
  1. Pakai tinta sesuai dengan rekomendasi agar hasil cetakan tetap berkualitas dan tidak mengecewakan
  2. Pergunakan Printer secara teratur minimal 2 kali dalam seminggu harus digunakan
  3. Jika printer model infus jangan sampai kehabisan tinta
  4. Segera isi ulang tinta tinta jika sudah menunjukan tanda habis.Tinta yang kosong akan menyebabkan tersumbatnya head cartridge
  5. Pastikan kertas sesuai dengan kebutuhan
  6. Perhatikan posisi kertas saat mencetak , penataan kurang baik dapat menyebabkan roller pada printer cepat rusak.
  7. Jangan sekali- sekali membongkar casing printer jika belum ahli
  8. Menjaga kebersihan printer sangat penting
  9. Tekan tombol on / off power, saat mematikan printer cukup dengan menekan tombol off  printer. Jangan sampai mematikan printer dengan cara mencabut kabel power, apalagi saat printer sedang menyala.
  10. Jangan menyentuh chip cartridge dengan tangan , karena dapat mempengaruhi aliran listrik statis dan mengganggu komponen tersebut.
  11. Manfaatkan clean head pada printer secara berkala untuk menjaga tinta keluar dengan lancar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis -Jenis Printer dan 11 Cara Pas Merawat Printer "