Perbedaan : Blog vs Website

https://oangsun.blogspot.co.id/2018/02/perbedaan-blog-vs-website.html
Adapun perbedaan antara blog dan website dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. User atau Pengguna 

     Blog dibuat untuk keperluan menulis , sehingga penggunanya adalah kalangan masyarakat biasa yang ingin menyalurkan tulisannya kepada banyak orang.Pemilik website biasanya adalah kalangan profesional yang membutuhkan website sebagai media untuk meninformasikan sesuatu hal kepada banyak orang melalui internet.Satu blog biasanya dimiliki dan dikelola satu orang .Sementara website dimiliki oleh satu orang atau lebih sesuai dengan tujuan dibuatnya.

2.Interaksi Pengguna 

   Keluar dari blog dan website , blog dan website , blog dianggap lebih interaktif .Blog menawarkan pengunjung berupa opsi berkomentar , menyukai dan membagikan postingan .Sementara website sebaliknya , karena biasanya admin memblok komentar sehingga membuat website kurang interaktif

3.Biaya 

   Kita dapat menggunakan blog  secara gratis . Hal ini karena subdomain dan webhosting sudah disediakan oleh masing-masing paltform blog.Jika menggunakan website kita perlu mengeluarkan uang banyak untuk biaya sewa webhosting bulanan dan sewa domain tahunan .Meskipun demikian , pengeluaran untuk biaya wesite dapat kita kurangi dengan menggunakan sewa webhosting gratisan dan sewa domain bukan Top Level Domain (TLD) secara gratis.

4.Waktu 

     Waktu yang sangat tepat dan penting untuk sebuah blog yang sukses adalah yang Anda perlukan adalah mengirimkan postingan antara pulul 08.00 s/d 12.00 untuk menarik pembaca ke blog Anda. Namun pada website tidak ada hubungannya sama sekali . Website tidak tergantung sama sekali pada waktu . 

5.Berdasarkan Kontennya

   Sebuah blog dapat berisi berbagai konten alias gado - gado .Topik -topik posting dapat berupa bahasan mengenai teknlogi ,kesehatan , fashion , produk-produk tertentu ,olahraga dan lain sebagainya .Blog di ibarat majalah yang berbentuk digital dengan berbagai kejutan untuk si pembacanya.Kalau website memiliki satu produk , satu orang dan teknologi yang serupa bahkan genrenya pun yang serupa.

Website menggunakan bahasa yang formal dan sementara blog biasanya menggunakan nada atau bahasa yang jauh lebih sederhana dan informal untuk deskripsi kontennya.

6.Kemudahan

   Blog jelas lebih mudah dibandingkan dengan website .Kita haya perlu mendaftar dan langsung menggunakan layanan blogging secara gratis . Fitur yang sederhana dan user friendly akan membuat pemula dapat mengoperasikan blog dengan baik .Sementara jika ingin memiliki sebuah website, kita perlu menyiapkan beberapa hal seperti domain ,webhosting , script,yang akan di unggah ke webhosting , hingga software File Tansfer Protocol (FTP),bagi pengguna pemula , kita akan sedikit kesulitan ketika menggunakan website untuk pertama kalinya, dikarenakan minim tutorial yang memandu.

7. Coding

   Untuk blog anda tidak perlu seorang yang ahli di bidang pengkodean . Anda cukup mendowload template dan memulai dengan belajar dasar-dasar pengkodean, berbeda dengan website yang harus  paham dam mengerti bahasa pengkodean seperti HTML5,CSS3,PHP , JAVASCRIPT dan lain-lain.

8. Rating 

   Sebuah blog sebagian besar dianggap aktif tergantung pada jumlah pengunjung aktif atau visitors yang dimilikinya , jumlah pembaca menentukan peringkat blog .Sebuah rating sangat penting untuk berhasil dan mendapatka traffic sebanyak mungkin .Di sisi lain website tidak dipengaruhi oleh jumlah pengunjung dan tidak dipengaruhi oleh hal-hal seperti blog.

9. Desain Template dan Performa

   Pada umumnya tampilan desain template website lebih bagus dibandingkan dengan desain template blog.Desain template blog juga banyak digunakan oleh blogger karena template tersebut merupakan template  bawaan dari platfrom blog atau template blog yang dibagikan secara gratis oleh beberapa situs penyedia template gratis blog.Tampilan desain template website lebih bagus dan jarang terdapat kesamaan antara website satu dengan yang lainnya.Hal ini disebabkan karena desain template dibuat langsung oleh pemilik website itu sendiri , jadi desainnya sesuai selera kita. Template website jarang dibagikan secara gratis karena proses coding script yang sulit.

   Dengan tampilan desain template yang bagus dan fitur yang lebih lengkap membuat website lebih unggul karena ketika digunakan . Website yang digunakan oleh seorang programmer terlihat lebih profesional dan mampu mengakomodasi kebutuhan pemilik serta pengunjung website.Blog yang ditujukan untuk keperluan tulis menulis memiliki fitur terbatas dan akan terlihat kaku ketika dipaksakan untuk keperluan lain sebagai media bisnis online.

Jika kita ingin memiliki sebuah media yang mampu mengakomidasi kebutuhan dalam menyebarluaskan konten hasil karya kita , Blog pilihan tepat.Namun jika membutuhka fitur dan memiliki cukup dana untuk keperluan bisnis online maka yang pas dan tepat adalah Website. 

10. Opini Wikipedia

     Blog adalah situs diskusi yang terdiri dari beberapa entri diskrit yang dipublikasikan di WWW(world wide web).Sementara website adalah sekumpulan halaman web yang terkait yang disajikan dalam satu domain.Blog merupakan kontradiksi dari web log sementara web merupakan kotradiksi dari situs di web.

11. Tujuan 
     
       Blog diciptakan untuk tujuan pribadi atau untuk menuliskan catatab pribadinyanya (diary online) agar dapat dibagikan kepada teman-temannya, namun sekarang bergese dari semula untuk keperluan pribadi bertambah menjadi fungsi media online dan bahkan menghasilkan uang dari adsense.Website diciptakan untuk keperluan komersial oleh si pemiliknya untuk profil perusahaan.

12. Mesin Pencari / Search Engine

     Setiap kali pengguna mencarikan menggunakan mesin pencarian tertentu , maka blog yang akan dicari lebih banyak dibandingkan website, karena isi blog terus berubah , itu yang nenyebabkan mesin pencari melakukan pencarian lebih banyak dibandingkan blog.Namun isi website itu statis sehingga website memiliki pencarian yang terbatas.


   


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan : Blog vs Website"