Manfaat Ketumbar

https://oangsun.blogspot.co.id/2018/02/manfaat-ketumbar.html

Biasanya , tumbuhan ini ditanam dikebun-kebun daerah dataran rendah dan pegunungan .Sama halnya seperti saledri rata -rata tumbuhan ini mencapai ketinggian satu meter dari tanah . Ketumbar atau Cocariandrum sativum yang konon berasal dari Benua biru Eropa tepatnya Eropa selatan . Bentuk berupa biji kecil-kecil sebesar 1 - 2 mm . mirip dengan biji lada tetapi lebih kecil dan lebih gelap . Selain itu terasa tidak berisi dan lebih ringan dari lada.

Berbagai jenis makanan tradisional kerap menggunakan bumbu berupa biji yang berbentuk butiran beraroma keras yang dinamakan ketumbar .Dengan tambahan bumbu tersebut aroma masakan akan menjadi lebih nikmat dan nyata.Di negara Gajah Putih Thailan ketumbar disebut phak chee .

Daun ketumbar berwarna hijau bergerigi , sedangkan bunganya majemuk berbentuk payung  bersusun warna putih dan merah muda .Untuk buah , bentuknya hampir bulat berwarna kuning bersusun , kalau matang , buahnya mudah di rontokkan , setelah itu buahnya dikeringkan .

MANFAAT KETUMBAR

Ketumbar termasuk tumbuhan terna dari familia Coprinaceae ini diduga berasal dari sekitar laut tengah dan kaukasus(mereka menyebutnya fructus coriandri) .Ketumbar namanya berbeda-beda  diberbagai negara dan diberbagai daerah di Indonesia.Manfaat dari tumbuhan ini sudah banyak dirasakan diberbagai negara. Ketumbar biasanya digunakan pelancar pencernaan , peleruh kentuk  (carminative),PeluruhASI (lactago) dan penambah nafsu makan (stomachicha).

Khasiat tak sebatas pelancar pencernaan saja ,ketumbar berguna untuk meredakan pusing , muntah-muntah , influenza , wasir, radang lambung dan radang payudara , campak masuk angin ,Hypertansi atau Tekanan darah tinggi dan lemah syahwat .Daun , biji dan buah adalah yang dimanfaat dari ketumbar, dikarenakan dari semua bagian itu memiliki kandungan seperti sabinene , myrcene,a-terpinene,ocimene,linalool, geraniol ,dekanal ,desilaldehida,trantridecen, asam petroselinat , asam oktadasenat ,d -mannite ,skopoletin ,p-simena , kamfena dan felandren.

Penggunaan ketumbar bisa dilakukakn dengan berbagai cara , seperti ditumbuk halus ddan direbus baik untuk pengobatan dalam maupun luar.

Pengobatan Dalam

Biasanya untuk pengobatan dalam adalah ketumbar direbus dengan menambah beberapa bahan lain , air rebusannya disaring kemudian diminum secara rutin .Untuk penambahan  beberapa bahan lain diantaranya adalah :
  • Ketumbar dan seledri (untuk membantu menyembuhkan Tekanan Darah Tinggi )
  • Ketumbar + daun bawang puih + jahe dan madu (untuk membantu menyembuhkan Influenza)
  • Ketumbar + Kayu manis +Kumis Ucing dan Gula Aren ( untuk membantu menyembuhkan batuk)
Dan masih banyak lagi manfaatnya seperti memperlancar ASI ,muntah-muntah, radang lambung , keracunan jamur dan lain-lain .

Selain di rebus adapula caranya yaitu dengan cara meyangrainya , biji ketumbar di sangrai . kemudian ditumbuk halus hingga seperti bubuk kopi kemudian diseduh pakai air hangat , cara ini membantu mengobati wasir .
  • Ketumbar bubuk yang hakus  ditambah air disaring lalu diminum bisa membantu mengobati lemah syahwat
  • Untuk mengobati batuk , ketumbar b , jahe  dan buah pir di tim 
  • Untuk Haid tak lancar dengan cara menghaluskan ketumbar dan bahan lain direbus lalu disaring.
Pengobatan Luar

Untuk pengobatan luar biasanya dijadikan adonan dicampur bahan air dan yang lainnya , lalu adonan tersebut ditempelkan pada bagian yang sakit contohnya adalah
  • Sakit Kepala dengan menambahkan buah pinang daun sirih, mangle dan pacar  jawa 
  • Untuk perut kembung adalah dengan cara menambahkan katuk , bawang merah dan buah pinang 
  • Bahkan katuk juga bisa membantu menyembuhkan radang payudara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Ketumbar "