21 Kisah Wanita Dalam Berita (Al-qur'an)

https://oangsun.blogspot.co.id/2017/12/21-kisah-wanita-dalam-berita-al-quran.html

Wanita-wanita yang dikisahkan/diberitakan  di dalam Al-Qur'an:

RITHAH AL-HAMQA (Q.S. 16:92)
Rithah adalah seorang gadis dari Bani Mahzum, usianya sudah lewat dari masa gadis menikah , belum ada pemuda datang meminangnya .Tidak sedikit biaya yang telah dikeluarkan oleh ayah dan ibunya qurban untuk berhala atau pergi ke ahli nujum , hasilnya sia-sia .Sampai ayah dan ibunya sudah meninggal , barulah dia menikah dengan sepupunya - Sukhr - yang kemudian terbukti hanya menginginkan harta atau kekayaan Rithah saja, dan akhirnya meninggalkan Rithah seorang diri .Sebagai pelampiasan kekecewaannya setiap hari ,Setiap hari Rithah mngupah gadis-gadis Mekah memintal benang dan jika malam tiba , maka Rithah mengurai kembali benang-benang yang telah dipintal kuat tadi.Demikianlah pekejaan Rithah setiap hari , sampai ajal menjemputnya.

UMMI KALTSUM BIN UQBAH (QS60:10 94:5)
Wanita beriman yang terperangkap di Mekah ,Ditengah penjara lingkungan Jahiliyah , apalagi adanya perjanjian Hudaibiyyah yang mengekang .Akan tetapi ia semakin yakin ketika membaca firman Allah SWT " Karena sesungguhnya beserta kesukaran itu ada keringanan ".Dengan tekad bulat ia pun berangkat hijrah ke Madinah, saudaranya datang menjemput .Turunlah perintah  Allah untuk tidak mengembalikannya ke kaum Kuffar.

UMMU KUJJAH (QS 4:11 42:49)
Mu'minat yang memberi semangat suaminya saat hamil tua .Suaminya syahid di Uhud, namun harta bagian suaminya tak diperolehnya.Akhirnya Allah memerintahkan  untuk membagi Ummu Kujjah dan anak-anaknya sesuai peraturan islam.

MASIKAH AT-TAIBAH (QS 24:33)
Sahaya Abdullah bin Ubay bin Salul yang dipaksa orang tuanya menjadi pelacur .Setelah mengenal Islam , tidak mau lagi megerjakan pekerjaan yang lama, sehingga disiksa oleh Ibnu Salul .Akhirnya Masikah melarikan diri dari rumah bordir Ibnu Salul dan mengadu pada Rasulallah .Sehingga turun ayat yang melindunginya.

SITI HAWA (QS 2:35;37 , 7:20;22-25 , 20:120)
Diciptakan oleh Allah dari tulang rusuk kiri Adam as, yang disebut Al-Qushairi .Atas bujukan Iblis , lebih dahulu memakan buah yang dilarang  Allah daripada Adam as.

SITI SARAH (QS 11:70 , 72 ,73  14:37)

Wanita pertama pengikut da'wah Ibrahim as.Tubuhnya Allah pelihara dari jamahan Fir'aun sigelap mata . Dalam penantian panjang seorang cahaya mata , dia usulkan agar suaminya menikahi Hajar .Api cemburu tak terelakan tatkala seorang bayi yang dinanti justru lahi dari rahim Hajar, namun Allah selalu bersama orang-orang sabar , datanglah kabar gembira bahwa ia akan hamil dan melahirkan Ishaq , bahkan Sarah dianugerahi dua Nabi (Ishaq dab Yakub) dari keturunannya.

KHABISYAH BINTI MA'AN (QS 4:19)

Dia isteri Ahim bin Al-Aslat , memelihara ana tirinya , yang diringgal mati oleh ibunya . Ketika Ashim meninggal , keluarga mertuanya menyuruh keluat tanpa hak memiliki sedikitpun warisan suaminya.Dia masuk Islam dan dilindungi oleh Rasulallah sesuai perintah Allah SWT.

MAIMUNAH BINTI HARITS (QS 33:50)

Saudara dari Ummu Fadh (isteri 'Abbas , paman Rasulallah ) dan Asma binti Umais (isteri Jafar bin Abi Thalib) janda dai Abu Rahm Al-Amiri .Menikah dengan Rasulallah di Mekkah saat Rasulallah dan muslimin melakukan umrah Qadha (1 tahun setelah perjanjian Hudaibiyyah) dengan mahar 400 dirham .Walimah diadakan di saraf dan nama beliau diganti Rasulallah dari Barrah menjadi Maimunah . Dimakamkan di Qubbah (suatu daerah di Saraf).

KHAULAH BINTI TSALABAH (QS 2:45 , 58:1-4)

Khaulah yang bersuamikan Aus bin  Shamit seorang lelaki tua miskin dan kasar perangainya sangat sabar menggung beban  hidupnya , suatu ketika karena tidak ada makan di rumah Aus mendzihar , mengatakan bahwa Khaulah seperti punggung ibunya . Setelah mengadukan  hal ini kepada Rasulallah , turunlah ketetapan bahwa perceraian jahiliyah itu tidak sah dan suami harus memerdekakan hamba , atau puasa dua bulan berturut-turut  atau memberi makan 60 orang miskin , sebelum dia sentuh isterinya.Khaulah pula yang berani menasehati Umar bin Khattab  pada saat menjadi Khalifah , dan dengar baik oleh Umar nasehatnya 

ZAINAB BIN JAHSY (QS 33:6 ; 28-29 ,32-34;3738;40)

Puteri paman Rasulallah , yang bercerai dengan Zaid bin Haritsah ra nama asalnya Barrah .Penikahan dengan Rasulallah atas perintah Allah , sebagai hapusnya pengakuan anak angkat. Ummul mu'min yang banyak bersedekah dari hasil keterampilannya menyamak kulit dan membuat sutera .Menolak tunjangan yang pernah diberikan oleh Khilafah Umar bin Khattab.

SITI A'ISYAH  (QS 12:18, 24:11)

Puteri dari Abu Bakar dengan Ummu Ruman , dinikahi Rasulallah sebelum hijrah  atas Khaulah binti Hakim , dan berkumpul dengan dengan beliau setelah hijrah .Difitnah oleh munafiqiin (Abdullah bin Ubay bin Salul dkk).berbuat serong dengan shafwan , ketika tertinggal rombongan dalam perang Bani Musthaliq .Kaum muslimin pun ada yang terpancing .Sehingga turun ayat yang membersihkan dirinya .Ummul mu'minin yang paling dicintai Rasulallah setelah Khadijah dan paling luas ilmunya dan kuat ingatannya mengerti obat-obaan dan bahasa.

MARIYAH  AL-QIBTIYAH (QS. 66:1-5)

Hadiah dari Al-Muqauqis  raja mesir kepada Rasulallah , sebagai balasan surat beliau yang dibawa Khatib bin Abi Balta'ah ra. Melahirkan Ibrahim putra Rasulallah satu-satunya selain dari yang dilahirkan oleh Khadijah ra.wafat lima tahun setelah wafatnya Rasulallah.

SHOFURA ,ISTERI NABI MUSA (QS 28:23-29)

Anak orang shaleh dari madyan .Terpelihara kesuciannya dari ikhtilat (percampuran antara lelaki dan wanita yang bukan mahram).

ASIYAH , ISTERI FIR'AUN (QS 28:9 , 66:11)

Wanita yang beriman pada Allah , dan berlepas diri dari kekufuran Firaun  suaminya .Wanita yang teguh mempertahankan iman walaupun disiksa dengan diikat pada empat tiang dan dicemeti , hingga menemui syahidnya.

BALQIS RATU SABA (QS 27:20-22;23-24;27-40;44) 

Atas berita burung hud-hud tentang adanya negeri Saba Sulaiman as.menulis Surat kepada Ratu Balqis agar dia dan kaummnya penyembah matahari menundukkan diri.Setelah bermusyawarah dengan kaumnya , Balqis mengirim utusan  yang membawa hadiah - hadiah mewah bagi nabi Sulaiman as , seorang raja atau biasanya Nabi untuk menguji .Akhirnya Ratu Balqis dan kaumnya  secara sukarela tunduk kepada risalah Allah yang dibawa Nabi Sulaiman  as , setelah menyaksikan kebijaksanaan dan kebesarannya. Ratu Balqis lalu menjadi Isteri Nabi Sulaiman as.

MARYAM AL-BATHUL (QS 3:36;45 , 4:157, 19:19-21;23-33,66-12)

Maryam adalah anak dari Khannah binti Faqudz dan Imranbin Matsan seorang alim dari bani israil dia telah dinadzarkan ibunya untuk diserahkan ke Baitul Maqdis .Ketika lahir ayahnya sudah meninggal dan Maryam dipelihara  oleh Zakariya bin Bardhiya suami bibinya dan dibangunkan khusus kamar untuknya didalam  rumah ibadah , kemudian tugas Zakariya dilanjutkan Yusuf an-Najjar seorang tukang kayu yang sholeh sepupu maryam sendiri .Kesabaran Maryam diuji Allah ketika dicaci kaumnya sebab melahirkan anak  Isa as tanpa suami , sampai akhirnya dengan kuasa Allah , Isa yang masih dalam buaian menjawab ejekan-ejekan itu sehinnga sadarlah kaumnya semua itu adalah mukjizat Allah .Ketika Isa as mendapat tantangan yang keras dari pendeta-pendeta Israil yang sesat , Maryam justru semakin berani mendukungnya.Maryam wafat setelah enam tahun Isa as diangkat Allah ke langit.

ISTRI NABI NUH (QS 66:10 , 71:5-24 , 11:38-39;43)

Walaupun menjadi isteri seorang nabi , namun isteri Nabi Nuh as, tidak mau beriman pada risalah yang diemban suaminya .Bahkan bersengkokol dengan Kan'an anaknya dan kaumnya untuk mengagalkan dakwah Nabi Nuh , dengan ejekan-ejekan menyakitkan . Ketika adzab  Allah berupa air .Isteri nabi Nuh dan Kan'an menolak untuk naik bahtera , bahkan dengan sombong berkata ahwa mereka akan naik ke puncak untuk menghindari dari air bah tersebut .Hingga akhirnya tenggelamlah mereka .

WA'ILAH ISTERI NABI LUTH ( QS.66:10 , 11:78 -79;71-83)

Karena tidak tahan dengan harta yang ditawarkan dan dijanjikan kaumnya yang sesat , isteri nabi Luth as .menerima bujukan nenek tua , si penghasut  . Wa'ilah selalu memberikan kabar pada kaumnya  kaum sodom yang melakukan homosex  kala suaminya kedatangan amu yang tampan wajahnya .Imbalan Wailah  menerima batangan emas dan perak dari mereka .Berita juga dikabarkannya ketika malaikat datang dengan rupa lelaki tampan , menyampaikan perintah Allah agar Luth as mengungsi bersama keluarganya , karena adzab Allah akan diturunkan pada saat subuh tiba .Akhirnya Wa'ilah yang bukan lagi termasuk keluarga Luth as .sebab kekhianatannya turut merasakan adzab Allah yang menghancurkan kaum Sodom.

ZULAIKHA , ISTERI AL-AZIZ (QS 12:21;25-34;52-53)

Zulaikha tidak merasa nyaman dan bahagia tanpa memperoleh anak dari suaminya , walaupun kekayaan melimpah .Lalu jatuh cinta pada yusuf yang tampan , yang dianggap seolah anak sendiri oleh suaminya .Gagalnya Zulaikha merayu Yusuf  as untuk bermaksiat , kemudian menghasut suaminya untuk memenjarakan Yusuf  .Hingga suatu ketika Raja Mesir memanggilnya untuk meminta  kesaksiannya tentang kepribadian Yusuf.Saat itu Zulaikha mengakui dengan jujur semua kesalahannya yang selama ini telah membebani  jiwanya .Akhirnya dia menghabiskan sisa hidupnya dengan sedih dan merana karena ingatannya pada yusuf.

UMMU JAMIL ,ISTERI ABU LAHAB (QS 111:1-5)

Ummu Jamil yang buta sebelah matanya selalu iri pada orang lain , kegemarannya mengadu domba , menghansut dan menyebar fitnah .Dia sangat membenci Rasulallah dan selalu merintangi dawah beliau .Apalagi ketika turun surat Al-Lahab , Ummu Jamil langsung memaksa kedua puteranya untuk  menceraikan  isteri mereka , Ruqqayah dan Ummu Kalsum , putri-putri Tasulallah .Ummu Jamil tiap hati menebarkan duri-duri dijalan yang biasa dilalui Rasulallah untuk menyakiti Rasulallah , walaupun itu sia-sia aja .Akhirnya Ummu Jamil menemui ajalnya  ditengah jalan , ketika dia sedang menaburi duri -duri seperti biasa , sebagai seburuk-buruk kematian.

UMMU MUSA (QS 28:7 ,10,12-13)

Ummu Musa hamil tua ketika Firaun memerintahkan tentaranya untuk membunuh setiap bayi laki-laki dari Bani israil .Ummu Musa selalu menghibur ibu-ibu yang kehilangan bayinya. dan menasehati mereka untuk selalu sabar .Ketika Musa lahir , Allah mewahyukan kepadanya agar mrenghanyutkan Musa dalam keranjang ke sungai Nil , sampai akhirnya diselamatkan Siti Asiah Isteri Firaun .Karena Musa tidak mau menyusu kepada wanita-wanita lain kecuali Ummu Musa , maka Asiah menyerahkan Musa kepadanya untuk dirawat .Keyakinan Ummu Musa akan jaminan Allah SWT , membuatnya merawat Musa kembali dengan aman .






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "21 Kisah Wanita Dalam Berita (Al-qur'an)"