Isteri-Isteri Rasulallah SAW dan Riwayat Singkat

https://oangsun.blogspot.co.id/2017/12/isteri-isteri-rasulallah-saw-dan.html
  1. Sayyidah Khodijah binti Khuwailid ra.
  2. Sayyidah Saudah binti Zam'ah ra.
  3. Sayyidah A'isyah  binti Abu Bakar ra.
  4. Sayyidah Hafshoh binti Umar ra.
  5. Sayyidah Zainab binti Khuzaimah ra.
  6. Sayyidah Zainab binti  Jahsy Al-Alsadiy ra.
  7. Sayyidah Ummi Salmah (Hindun binti Abu Umayyah Al-Mahzuumiyah)ra.
  8. Sayyidah Ummi Habibah binti  Abu Sofyan ra.
  9. Sayyidah Maimunah binti Harits Al-Hilaliah ra.
  10. Sayyidah Juwairiyah binti Harits ra.
  11. Sayyidah Shofiyah binti Huyaiy bin Akhtob ra.

  • Sayyidah Khodijah binti Khuwailid ra.
Khadijah adalah isteri Nabi Muhammad SAW yang petama , dinikahi sebelum kenabian , waktu itu Rasulallah 25 tahun , Khadijah 40 th , sebab karena kecerdikan dan kecerdasan Khadijah  yang membuat disukai Rasulallah, Khadijah hidup bersama Rasulallah selama 25 tahun , yaitu 15 tahun sebelum datang wahyu kerasulan , dan 10 tahun sesudahnya dan mendapatkan anak dari perkawinannya tersebut , selain Ibrahim.Rasulallah belum menikahi wanita lain ketika Khadijah masih hidup.Khadijah meninggal dunia ketika Rasulallah berumur 50 th.
  • Sayyidah Saudah binti Zam'ah ra.
Rasulallah  menikah dengannya setelah Khadijah wafat , sedangkan ia adalah seorang janda ( mantan isteri Syukron ibnu Amru Al Anshoriy),lebih tua dari Rasulallah ,ia termasuk golongan muhajirat yang ditinggal wafat suaminya kerika dia pulang dari hijrah ke Habsyah II , ia tinggal seorang diri , sebab jika ia kembali kepada keluarganya, ia akan dipaksa untuk berbuat syirik atau disiksa.Usianya sewaktu dinikahi oleh Rasulallah adalah 55 tahun.


  • Sayyidah A'isyah  binti Abu Bakar ra.
Rasulallah menikahinya sewaktu dia gadis , satu-satunya wanita diantara isteri-isteri Beliau yang perawan . Ai'syah adalah wanita paling cerdas dan paling kuat hapalannya jika dibanding dengan isteri-isteri Rasulallah yang lain.

  • Sayyidah Hafshoh binti Umar ra.
Rasulallah menikah dengannya , sewaktu dia dalam keadaan janda , suaminya dahulu adalah Junaisy bin Hadzabal Al-Anshoriy yang meninggal dalam perang Badar.
  • Sayyidah Zainab binti Khuzaimah ra.
Beliau menikah dengannya , setelah menikah dengan Hafshah binti Umar .Zainab adalah janda dari seorang pahlawan Islam yang terkemuka ,yaitu Abidah bin Harits bin Abdul Mutholib ra ,yang menjadi korban dalam penyerangan pertama pada perang Badar.Rasulallah mengetahui bahwa ia(zainab) adalah seorang yang sabar dan tetap dalam imannya serta jihadnya.
  • Sayyidah Zainab binti  Jahsy Al-Alsadiy ra.
Ia dinikahi setelah janda dan dia adalah anak perempuan bibi Beliau , sebelumnya ia telah menikah dngan Zaid bin Haritsah , setelah bercerai , Rasulallah mempersuntingnya sebagai isteri .Hal ini terjadi karena adanya hikmah yang sangat besar , yaitu suatu hikmah penghapusan ADOPSI (pengangkatan anak).Dan diantara sebagian orang-orang orientalis yang dengki terhadap Islam dan Rasulallah SAW ,menjadikan  peristiwa perkawinan Beliau dengan Zainab sebagai landasan untuk memfitnah Beliau dan melontarkan beberapa berita bohong, dikarenakan adanya beberapa cerita Israiliyat yang terdapat dalam sebagian buku tafsir.
  • Sayyidah Ummi Salmah (Hindun binti Abu Umayyah Al-Mahzuumiyah)ra.
Rasulallah menikahinya setelah janda , suaminya terdahulu Abdul Asad . Abdul Asad adalah termasuk Assbiquunal Awwalun , yaitu orang-orang yang pertama masuk islam , pahlawan islam yang syahid di Perang Uhud .Setelah ditinggal mati oleh suaminya , Ummu Salmah tinggal bersama empat orang anaknya .

Disamping itu Ummu Salmah mempunyai otak yang cedas , ini dibuktikan ketika Rasulallah meminta pendapat tentang sesuatu yang penting bagi kaum muslimin di saat Hudaybiyyah. Ketika Rasulallah  memerintahkan kepada kaum muslimin untuk memotong rambutnya, diman tidak seorang pun yang mematuhinya.Maka Ummu Salmah  memberikan saran kpada Bliau untuk mencukur rambut sendiri dihadapan orang banyak.

  • Sayyidah Ummi Habibah binti  Abu Sofyan ra.
Rasulallah menikah dengan beliau tahun ketujuh hijrah .Janda dari Abdullah ibnu Jahsky yang telah meninggal di Habsyah.Maka Raja Najasyimenikahkannya dengan Rasulallah  dengan maha sebesar 4000 dirham  dan dikirimkannya (Ummu Habibah) bersama Sarobil ibnu Hasanah.
  • Sayyidah Juwairiyah binti Harits ra.
Rasulallah menikahi Sayyidah Juwairiyah binti Harits bin Dhoro (pemuka kaum bani Mustholiq) ia adalah seorang janda dari Musaffi bin Shofyan yang telah trbunuh dalam perang Muroisi .Mussafi bin Shofyan adalah satu-satunya musuh bebuyutan Rasulallah , karena dialah yang paling sering memusuhi Beliau.

  • Sayyidah Maimunah binti Harits Al-Hilaliah ra.
Nama aslinya adalah Barrah , kemudian Rasulallah menamainya Maimunah ,Isteri Beliau yang teakhir , Sayyidah A'syah penah menceritakan keadaanya , bahwa dia (Maimunah) adalah orang yang paling takwa kepada Allah , dan kami pun mempebanyak silaturahmi dengannya. Dia adalah mantan isreti dari Abu Rahmi bin Abdul Aziyy

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Isteri-Isteri Rasulallah SAW dan Riwayat Singkat"