14 Manfaat Kencur atau Cikur

http://oangsun.blogspot.co.id/2017/12/14-manfaat-kencur-atau-cikur.html

Kencur (Kaempferia galanga L) atau cikur (bahasa Sunda), ceuko (bahasa Aceh ) , Kencor (Bahasa Madura) , cekuh (bahasa Bali),kencur , sukung (bahasa Melayu Menado )asauli , sauleh , soul , umpa (bahasa-bahasa Maluku )serta cekir (Sumba ),adalah salah satu tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (zingiberaceae).Tanaman rimpang atau rhizoma tanaman ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan. Sedangkan nama lain kencur di Malaysia adalah cekur dan di Thailand adalah pro hom.Dalam pustaka internasional (bahasa inggris). kerap terjadi kekacauan dengan menyebut kencur sebagai lesser galangal ( Alpinia officinarum) maupun zedoary (temu putih), yang sebutulnya spesies yang berbeda dan bukan merupakan rempah pengganti.

Tumbuhan ini tumbuh baik pada musim penghujan . Kencur dapat ditanam didalam pot atau dikebun yang cukup sinar matahari , tidak terlalu basah dan ditempat terbuka.Kencur merupakan temu kecil yang tumbuh subur didaerah dataran rendah atau pegunungan yang tanah gembur dan tidak terlalu banyak air.Jumlah helaian daun kencur tidak lebih dari 2-3 lembat dengan susunan berhadapan.Bunga tersusun setengah duduk dengan mahkota bunga berjumlah antara 1-12 buah , bibir bunga berwarna lembayung dengan warna putih lebih dominan.
http://oangsun.blogspot.co.id/2017/12/14-manfaat-kencur-atau-cikur.html


Komposisi Kimia rimpang :

Pati (4,14%)
Mineral (13,73%)
Minyak Atsiri (0,02%)⇉berupa sineol , asam metil kanil dan penta dekaan , asam sinamat , etil ester , borneol , kamphene , paraeumain, asam anisat ,alkaloid dan gom.

Manfaat Kencur sebagai obat :

  1. Obat tidak enak badan atau pegal ⇉ makan rimpangnya yang sudah bersih mentah-mentah atau juga sebagai  lalab.
  2. Menghilangkan lelahbahannya adalah 1 rimpang besar kencur , 1 sendok tepung beras basah , 1 potong gula kelapa / aren. semua bahan direbus bersama dengan dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas , kemudian disaring.Kemudian diminum sekaligus dan diulangi sampai sembuh . Untuk Pria dan dirambah dengan 1 potong lengkuas dan tepung lada secukupnya.
  3. Keseleo bahannya adalah 1 rimpang kencur dan beras yang sudah direndam air , semua bahan tersebut  dipipis dan air scukupnya kemudian oleskan atau gosokan pada bagian yang keseleo sebagai bedak.
  4. Mata PegalBahannya satu rimpang kencur dibagi dua kemudian menggosokan pada pelupuk mata dengan kencur yang permukaan basah.
  5. Mempelancar Haid Bahan 2 rimpang kencur sebagai ibu jari , 1 lembur daun trengguli , 1 buah cengkeh tua , adas pulawaras secukupnya. ⇉ Kencur dicincang , kemudian dicampur dengan bahan lain dan direbus bersama dngan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas kmudian disaring.Kemudain diminum sekali sehari dua cangkir.
  6. Radang lambung bahan 2 rimpang kencur sebesar ibu jari , kemudian dikuliti sampai bersih dan dikunyah ,direlan airnya , ampasnya sibuang , diminum satu gelas air putih dan diulangi sampai sembuh.
  7. Radang Anak telinga Bahan 2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan setengah biji pala , kemudian kedua bahan tesebut ditumbuk halus dan diberi 2 sendok air hangat ,kemudian oleskan disekitar telinga.
  8. Influenza pada bayi  1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan daun lembar kemukus , kedua bahan tersebut ditumbuk halus , kemudian tambah beberapa senduk air hangat , kemudian oleskan pada seputar hidung.
  9. Masuk Angin Bahan 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya , kemudian dikuliti  bersih .kemudian dimakan dengan garam secukupnya , kemudian minum 1 gelas air putih. Dapat dilakukan 2 kali sehari.
  10. Mempelancar haid2 rimpang kencur sebesar ibu jari , 1 lembar daun trengguli , 1 biji cengkeh tua , adas pulawaras secukupnya.Kemudian dicincang dicampur dengan bahan lain dan direbus bersama dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas , kemudian disaring.Diminum sekali sehari 2 cangkir.
  11. Menghilangkan darah kotor bahannya 4 rimpang kencur sebesar ibu jari , 2 lembar daun trengguli , 2 biji cengkeh kering , adas pulawaras secukupnya.Semua bahan tersebut direbus brsama dengan 1 liter air sampai mendidih dan saring kemudian diminum 2 kali sehari secara teratur.
  12. Saki Kepala Bahan 2 - 3 lembar daun cikur kemudia tumbuk halus lalu kompreskan pada dahi.
  13. Batuk Bahannya adalah 1 eimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya kemudian kencur diparut tambahkan 1 cangkir air hangat , diperas dan disaring. Dan diminum ditambahkan garam secukupnya.
  14. Diare Bahan 2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya , kemudian kencur diparut , kemudian ditambah 1 cangkir air hangat , diperas dan disaring lalu dioleskan pada perut seperti bedak.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "14 Manfaat Kencur atau Cikur"