Arti Super Moon ?

https://oangsun.blogspot.co.id/2017/12/arti-super-moon.html

Sahabat blogger,  apa yang anda pikirkan ? bila mendengar kata tentang moon atau bulan , kalau penulis ingat sebuah film kartun anak -anak Sailormoon dengan lagu moonlight densetsu ( dengan kekuatan cahaya bulan ) , ingat juga dengan lagu ambilkan bulan bu , ingat dengan cerita mulut ke mulut dari tatar sunda tentang seorang nenek yang pindah ke bulan  dengan seekor kucing ya nini anteh  atau ingat seseorang mantan , orang yang anda  cintai , dan pernah anda kenal atau sedang kenal , karena namanya berhubungan dengan bulan , seperti Purnama, Bulan, sabit, sapar dll.Namun penulis nggak akan membahas nama-nama yang tadi, tapi penulis akan membahas tentang SUPERMOON .


Supermoon bukanlah istilah dalam astronomi , melainkan dalam astrologi .Orang astrolog biasanya mengidentikkan supermoon dengan atau bencana.menurut berita di tahun 2012 , adanya supermoon identik dengan sbuah bencana , bahkan salah sorang astrolog bernama Richard Nolle, memperkirakan bahwa supermoon kali ini malam ini 5-6 mei 2012 akan menimbulkan bencana dan badai . Dan bagi orang-orang yang percaya pada ramalan bintang mungkin khawatir .Kalangan astrolog (bukan astronom) mengatakan ini sinyal akan adanya "moonageddon", yaitu bencana gempa bumi , banjir bahkan badai.Hal ini kita pahami , karena para astrolog mempelajari pergerakan planet, bulan ,matahari , bintang-bintang dikaitkan dengan nasib manusia , baik secara individu maupun masyarakat.Yaitulah astrologi sahabat blogger ilmu yang mempelajari gejala antariksa yang dikaitkan dengan nasib.

Kalangan astrolog berupaya  berupaya menunujukkan sejarah untuk memvalidasi prediksi mereka antara lain :
  • Badai New England tahun 1983 dan Australia Hunter Valley banjir 1955 terjadi selama Supermoon
  • Tahun 2005 Badai Katrina 
  • Tsunami di Indonesia ,tepatnya di Aceh yang merenggut lebih dari 200 ribu nyawa terjadi dua minggu sebelum supermoon.
  • Begitu juga dengan angin siklon Tracy yang menyapu Australia ditahun 1974

Semoga saja dijauhkan dari segala mara bahaya dan bala bencana aamiin. Padahal menurut penulis fenomena buatan tuhan yang sangat indah dan harus tetap bersyukur akan nikmat illahi .

Lunar perigee atau Supermoon adalah fenomena yang terjadi saat bulan berada pada jarak terdekat dengan bumi .Jarak rata-rata Bulan dan Bumi adalah 384 ribu km .Namun pada saat supermoon terjadi , jarak bulan dan bumi sekitar 357 ribu km .Sehingga  pada saat fenomena supermoon terjadi jarak bulan lebih dekat 27 ribu km dari jarak rata-rata.

Namun apa sih penyebabnya Fenomena Supermoon ?

Jadi Penyebabnya adalah  Bulan mengitari bumi dengan orbit atau garis edar yang berbentuk lonjong atau elips, seperti bulat telur .Akibat lingkaran edar bulan yang elips maka pada saat -saat tertentu berada pada titik terdekat dengan bumi , dan disaat tertentu ia berada dititik terjauh.



Gerhana bulan total pun bisa menimbulkan efek "blood moon" atau bulan berdarah .Bulan berdarah ini bisa terjadi saat bayangan bumi mulai merayap dicakra lunar , kemudian bulan direlan oleh sinar sehingga ada perubahan warna dari jingga ke merah merona 

Baca juga Fenomena Farallax    DISINI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arti Super Moon ?"