26 Manfaat dan Obat dari Cengkeh

https://oangsun.blogspot.co.id/2017/12/26-manfaat-dan-obat-dari-cengkeh.html

Sejarah Cengkeh

Pada abad keempat , pemimpin Dinasti Han dari Tiongkok memerintahkan setiap orang yang mendekatinya sebelum mengunyah cengkeh , agar harum nafasnya . Cengkeh , Pala dan merica sangatlah mahal di Zaman Romawi . Cengkeh menjadi bahan tukar menukae oleh bangsa arab di abad petengahan . Pada akhir abad ke-15 , orang Portugis mengambil alih jalan tukar menukar di Laut India . Bersama itu diambil alih juga prdagangan cengkeh dengan perjanjian Tordesillas dengan Spanyol, selain itu juga dngan perjanjian dengan sultan dari Ternate .Orang Portugis membaawa banyak cengkeh yang mereka peroleh dai Maluku ke Eropa .Pada saat itu harga 1 Kg cengkeh sama dengan 7 gram  emas.

Perdagangan cengkeh akhirnya didominasi oleh orang Belanda pada abad ke-17 .Dengan sudah payah orang Prancis behasil membudayakan Pohon Cengkeh di Mauritius pada tahun 1770 .Akhirnya cengkeh dibudidayakan di Guyana , Brazil dan Zanzibar.Pada abad ke-17 dan ke-18 di Inggris harga cengkeh sama dengan harga emas karena biaya impor yang tinggi.Minyak essensial dari cengkeh mempunyai fungsi anesteti dan anti mikrobal.Minya cengkeh sering digunakan untuk menghilangkan  bau nafas dan menghilangkan sakit gigi . zat yang terkandung dalam cengkeh bernama eugenol , digunakan doter gigi untuk menenangkan syaraf gigi.minyak cengkeh digunakan dalam campuran tradisional choijiyu (1 % cengkeh dalam minyak mineral choji berarti miyak mineral  dan yu adalah cengkeh ) dan digunakan oleh orang Jepang untuk merawat pemukaan pedang mereka.

cengkeh (stzygium aromaticum ,syn.Eugina aromaticum) atau dalam bahasa inggtis disebut cloves, adalah tangkai bunga kering beraroma dari keluarga pohon myrtacea .Cengkeh ditsnsm terutama di Indonesia (Kepulauan Banda) dan Madagaskar , juga tumbuh subur di zanzibar, india dan srilanka.Cengkeh tanaman asli Indonesia , banyak digunakan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia.

Pohon Cengkeh merupakan tanaman tahunan yang dapat tumbuh dengan tinggi 10-20 m , mempunyai daun berbentuk lonjong yang berbunga pada pucuk-pucuk nya Berwarna merah jika bunga sudah mekar.Cengkeh adalah tumbuhan indentitas Provinsi Maluku Utara yang dipanen jika sudah mencapai panjang 1,5-2 cm

Manfaat Cengkeh
  1. Sebagai bumbu masak baik dalam benuknya yang utuh atau sebagai bubuk.
  2. Sebagai  bahan  rokok kretek
  3. Cengkeh digunakan sebagai bahan dupa di Rrpublik Rakyat Tiongkok (RRT )
  4. Minyak cengkehnya sebagai aromaterapi
  5. mengobati sakit gigi , gigi yang berlubang disumbat dengan kapas yang telah diteteskan dengan minyak cengkeh .Arau , 10 butir cengkeh disangrai sampai halus , lalu digiling halus, dimasukan pada lubang gigi secukupnya , lalu ditutup dengan kapas.
  6. Obat batuk dengan cara 10 butir cengkeh , 10 lembar daun sirih ,lima lembar daun tapak liman ,3 butir daun kapulaga,  2 jari kayu  manis , dan gula aren secukupnya direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc air .Disaring laulu diminum dua kali sehari.Sekali minum sebanyak 200 cc air
  7. Mengatasi Radang Lambung caranya 5 butir cengkeh , 5 gram kayu manis , 5 gram biji pala , dan 5 butir kapulaga , 15 gram kulit jeruk mandarin ,150 gram lobak , labu parang secukupmya , direbus dengan 1000 cc air panas kemudian diminum
  8. Obat sakit kepala dengan cara 5 butir cengkeh , 5 gram kayu manis , 5 gram biji pala ,dan 5 butir merica dihaluskan hingga menjadi bubuk lalu diseduh dengan 100 cc air panas kemudian diminum.
  9. Obat masuk angin dengan cara 10 tetes minak cengkeh diseduh dengan 50 cc air panas , rambahkan madu secukupnya , diaduk sampai merata lalu diminum selagi hangat.Lakukan 2 sampai 3 kali sehari.
  10. Obat Kembung dengan cara 10 butir cengkeh diseduh dengan air panas  lalu diminum seagai teh.
  11. Obat Sinusitis cukup dengan cengkeh kering  , digiling sampai bubuk , lalu ditiupkan kehidung dengan menggunakan sedotan dengan ukuran secukupmya.
  12. Obat mual dengan cara 10 butir cengkeh , 20 gram  asam jawa dan gula aren secukupnya direus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc air.Kemudian ramuan disaring dan diminum selagi hangat untuk dua kali sehari , setiap kali minum sebanyak 100 cc.
  13. Menghilagkan bau tak sedap dimulut dengan cara 10 butir cengksh dicuci lalu diseduh  dengan 100 cc air panas , diamkan selama 5 menit .Kemudian saring dan airnya dipakai untuk kumur-kumur, lakukan rutin setiap hari.
  14. Menambah denyut jantung dengan cara bunga cengkeh yang sudah kering , dikunyah disesao airnya , dilakukan setiap hari . Minyak cengkeh dapat memperkuat lendir usus dan lambung serta menambah jumlah darah putih.
  15. Obat campak adalah 10 biji bunga cengkeh direndam air masak kemudian ditambah dengan gula batu dan diaduk sampai merata. Lalu diminum sedikit demi sedikit secara teratur.
  16. Cengkeh memiliki nutrisi penting dan juga vitamin tulang yaitu kalsium dan magnesium .
  17. Antibakteri dan Anti Jamur , cengkeh efektik melawan bakteri  terutama yang menyebabkan kerusakan di mulut dan di perut . zat eugenolnya dapat mengatasi penyakit kulit seperti yang disebabkan cacing cincin.
  18. Sebagai Analgesik (obat penahan rasa sakit)
  19. Perangsang Seksual
  20. Ramah diperut  membantu melawan borok , kembung dan mengatasi mual serta gangguan pencernaan.
  21. Melawan Kanker
  22. Baik untuk jantung
  23. Mencegah inflamasi (radang),flavanoid ditemukan dalam kandungan minyak cengkeh baik karena memiliki sifat anti inflamasi dan dapat bermanfaat bagi si pasien rematik. Ekspetorannya untuk mengobati berbagai kondisi minor saluran pernapasan.
  24. Pengusir Nyamuk
  25. Meningkatkan kekebalan tubuh
  26. Menghitamkan alis mata, 5-7 biji  bunga cengkeh kering dibakar sampai hangus , kemudian ditumbuk sampai halus dan tambah minyak kemiri scukupnya. kemudian oleskan pada alis mata setiap sore hari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "26 Manfaat dan Obat dari Cengkeh "