Pengertian Petir (Halilintar , guntur , guludug atau kilat)

http://oangsun.blogspot.co.id/2017/12/pengertian-petir-halilintar-guntur.html

Kenapa ketika ada petir , pertama yang kita lihat adalah cahayanya dahulu kemudian suaranya ? ada yang bilang Takdir ya bisa jadi , memang takdir sih hehehehe namun menurut sains adalah ini terjadi karena adanya perbedaan waktu kemunculan yang mengakibatkan adanya selisih antara kecepatan suara dengan kecepatan cahaya.Intinya kecepatan cahaya lebih cepat dari dari kecepatan suara.Dan kenapa terjadinya petir lebih sering terjadi dimusim penghujan ? karena eh karena pada saat musim peng hujan , udara mengandung banyak air yang tinggi , yang mengakibbatkan daya isolasi udara turun dan arus lebih gampang melewati.

Agar pemahamannya lebih mudah tentang terjadinya petir , sahabat blogger bisa memakai analogi sebuah kapasitor besar , yang dimana lempengan pertama yaitu awan  , lempengan kedua ini bisa negatif maupun positif dan lempengan kedua yaitu bumi yang bersifat netral .Kapasitor merupakan sebuah elemen negatif didalam hubungan listrik yang dapat menyimpan daya sejenak atau bisa disebut energi storage.Sama halnya dengan petir .Seperti juga petir , dimana terdapat awan yang bermuatan negetif dan positif.

Elektron adalah apabila perbedaan potensial diantara awan dan bumi besar , akan mengakibatkan terjadinya pembuangan negatif.Dalam proses terjadinya muatan dalam awan adalah ,karena ada aean berjalan secara teratur , dan selama perjalanannnya dia akan berhubungan dengan awan -awan lainnya yang mengakibatkan berkumpulnya muatan negatif disalah satu sisi , entah itu diatas atau dibawah.



Penemu Penangkal Petir 

Benjamin Franklin adalah yang menemukan penangkal petir , Beliau berasal dari USA ,dan lahir di kota Boston  Massachussets 17 Januari 1706 dan meninggal di Philadelphia , Pennsylvania, 17 April 190 pada umur 84 tahun.Framklin juga selain penemu penagkal petir dia juga adalah kepala kantor pos pertama di Amerika Serikat , pembuat perpustakaan umum pertama dan orang pertama yang mengorganisasikan barisan pemadam kebakaran kota.

Benjamin Franklin berusaha mengetes teori penangkal petir dengan menggunakan sebuah tiang yang didirikan di Philadelphia . Selagi dia menunggu penyelesaian tiang tersebut, beberapa orang lainnya seperti (Dalibard dan De Lors) melakukan di Perancis tepatnya di Marly , apa yang kemudian dikenal dengan eksperimen Philadelpia yang Franklin usulkan dibukunya.

Petir sama dengan discharge dari listik statis menurut Franklin, hanya ada sedikit peningkatan  dalam teori ini selama lebih dari 150 tahun.Manusia selalu mencoba menjinakkan keganasan alam salah satunya adalah bahaya sambaran petir .Metode Faraday adalah Dengan menindungi area yang hendak diamankan dengan melingkupinya memakai konduktor yang dihubungkan dengan perbumian.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Petir (Halilintar , guntur , guludug atau kilat)"