Sejarah Hari Pendidikan Nasional 2 Mei

https://oangsun.blogspot.co.id/2017/12/sejarah-hari-pendidikan-nasional-2-mei.html

2 mei tahun 1889 , rumah Pangeran Suryaningrat di Yogyakarta diliputi suasana gembira .Pada hari itulah lahirlah putra keempat Pangeran Suryaningrat , bayi yang baru lahir itu diberi nama suwardi.Lengkapnya Raden Mas Suwardi Suryaningrat.Pada waktu itu kita masih dijajah oleh Belanda .Bangsa Indonesia belum merdeka .Rakyat sebagian besar tidak bersekolah , dan tetap bodoh . Sekolah hanya ada dikota dan jumlahnya hanya sedikit .Yang boleh bersekolah hanya orang-orang yang amat kayadan anak orang bangsawan tinggi serta anank -anak Belanda saja.

Suwardi anak yang cerdas , Dia tkun belajar dan taat beragama . Setelah lulus Sekolah Dasar , Suwardi meneruskan menuntut ilmu disekolah kedokteran di Jakarta,tetapi tidak sampai tamat.Suwardi lebih senang menjadi wartawan . Kemudian Suwardi dengan dua orang temannya mendirikan perkumpulan pergerakan untuk mencapai Indonesia Merdeka.Teman Suwardi itu Douwes Dekker  dan dokter  Cipto Mangunkusumo. Penjajah Blanda tidak senagng .Belanda menuduh Suwardi mengacau dan menentang pemerintah Belanda .Suwardi ditangkap dan dibuang keluar negeri Belanda.

Sesungguhnya Suwardi dapat menikmati hidup mewah dan serba kecukupan , sebab pendidikannya tinggi dan ia seorang bangsawan .Ia memilih menderita bersama rakyat .Cita-citanya amat luhur .Suwardi bejuang mengangkat derajat bangsanya dari kehinaan dan kebodohan.Ia rela mengorbankan segala kemewahan hidup.Suwardi tidak gentar menghadapi penjara.Pulang dari pembuangannya, Suwardi giat berjuang lagi .Akibat perjuangannya Suwardi ditangkap lagi .Beberapa kali Suwardi keluar masuk penjara , misalnya di Semarang dan di Pekalongan.

Keluar dari penjara Suwardi bersama teman-temannya mendirikan Perguruan Nasional. Nama Perguruannya Taman Siswa .Semenjak mendirikan Taman Siswa Suwardi lebih kita kenal dengan Ki Hajar Dewantara.Taman Siswa berkembang pesat .Belanda tidak senang . Belanda mengancam : "Bubarkan Taman Siswa , atau kamu saya masukan penjara!".Ki Hajar Dewantara tidak gentar terhadap ancaman itu .Ki Hajar Dewantara berjuang trus mengembangkan Taman Siswa . Taman Siswa makin berkembang dan kokoh .
https://oangsun.blogspot.co.id/2017/12/sejarah-hari-pendidikan-nasional-2-mei.html


Ki Hajar Dewantara menciptakan cara mendidik yang baik , yang bersipat nasional, menurut Ki Hajar Dewantara Pendidik harus :
  • Ing Ngarsa Sung Tulada
  • Ing Madya Mangun Karsa
  • Tu twuri Handayani
"Tut wuru Handayani" tertulis pada lambang Departemen Pendidikan dan Kebudayaan .Jasa Ki Hajar Dewantara terhadap pembangunan pendidikan Indoonesia sangar besar.Tanggal 2 mei hari kelahiran beliau , kita peringati sebagai Hari Pendidikan Nasional Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Hari Pendidikan Nasional 2 Mei"