Indonesia Membangun : Cipali , Semanggi , dan Bakauheni



Jalan Tol Cikopo - Palimanan (CiPali)

Jalan Tol Cikopo - Palimanan (CiPali)
Jalan Tol Cikopo - Palimanan , atau disingkat dengan Tol Cipali adalah sebuah tol yang terbentang sepanjang 116 kilometer yang menghubungkan daerah Cikopo , Purwakarta dengan Palimanan (Cirebon).Jalan Tol ini merupakan kelanjutan dari jalan Tol Jakarta Cikampek yang menghubungkan dengan jalan Tol Palimanan Kanci .Jalan Tol juga sekaligus merupakan bagian dari jalan Trans Jawa yang menghubungkan Merak, Banten hingga Banyuwangi , Jawa Timur.

Proyek Tol ini dimulai dengan ground breaking oleh menteri Pekerjaan Umum ,Djoko Kirmanto pada 8 Desember 2011 dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 23 Juni 2015 (M)/28 Syaban 1436 H.Jalan Tol ini dibangun diatas lahan sluas 1.080,69 Hektare dan terbagi 6 seksi .

Jalan Tol ini memiliki 8 tempat peristirahatan , 7 simpang susun , dan 7 tempat pertukaran antara lain Cikopo, Kalijati , Subang , Cikedung ,Kertajati Sumberjaya dan Palimanan.

Simpang Susun Semanggi (Jakarta)


Simpang Susun Semanggi (Jakarta)
Simpang susun semanggi mulai dibangin pada sekitar April 2016 , jalan layang simpang susun smnggi jakarta yang dibangun dengan anggaran 360 milyar rupiah , dua flyover yang melingkar disimpang susun semanggi tersusun 333 segmental box girder yang telah dicetak (precast)untuk kemudian disusun . Simpang susun semanggi rencananya akan menjadi ikon kedua kota Jakarta setelah monas tak hanya menyimpan kcanggihan , tetabpi estetika dengan makna personal bagi jakarta .Salah satu estetika yang dinikmati adalah pencahayaan lampu warna-warni di sepanjang bentangnya. Dan Presiden Joko Widodo meresmikannya  pada tanggal 17 Agustus 2017 , dan Presiden Joko Widodo meyakini , jembatan layang ini mampu mengurangi 30-40% kemacetan di Ibu Kota.
Daun Semanggi


Tol Bakauheni - Terbanggi Besar


Tol Bakauheni - Terbanggi Besar
Jalan Tol Bakauheuni - Bandar Lampung - Terbanggi Besar adalah jalan tol sepanjang 140.938 kilometer yang sedang dalam tahap pembangunan dan rutenya dimulai dari pelabuhan Bakauheni (Lampung Selatan) hingga Terbanggi Besar (Lampung Tengah).Jalan tol ini merupakan jaringan dari Jalan Trans Sumatera . Peresmian pembangunan Tol ini dilakukan pada tanggal 30 April 2015  oleh Presiden Joko Widodo  .Ruas Jalan Tol ini merupakan salah satu ruas didalam jaringan Jalan Tol Trans Sumatera .Jalan Tol ini rencananya mulai dioperasikan secara bertahap sebelum terlaksananya Asian Games 2018.

Pemerintah Provinsi Lampung akan mempercepat pembangunan Jalan Tol Sumatera , dengan melakukan pembebasan lahan untuk pembangunan jalan yang terpentang dari Bakauheni , Kabupaten Lampung Selatan dan Tegineneng ,Kabupaten Pesawaran hingga Terbanggibesar , Kabupaten Lampung Tengah . Pembangunan jalan Tol sepanjang 140 kilometer dengan luas 120 meter ini rencananya akan membebaskan lahan milik  warga seluas 2.100 hektare.Pembangunan Jalan Tol Sumatera ini akan melintasi tiga Kabupaten , 18 Kecamatan serta 70 Desa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Indonesia Membangun : Cipali , Semanggi , dan Bakauheni"