11 Manfaat Lengkoas , Laos , atau Laja

https://oangsun.blogspot.co.id/2018/03/11-manfaat-lengkoas-laos-atau-laja.html

Laos adalah rempah rempat terkenal diseluruh Asia Tenggara , terutama di Thailand , Laos merupakan ciri khas masakan Thailand .Laos juga terkenal dan dikenal di Malaysia, Indonesia , Cambodia ,Vietnam, dan Cina Selatan .Five spice powder dari cina juga kadangkala diperkuat dengan laos.Dalam tradisi boda dan pengobatan tradisional Indonesia maupun Asia Tenggara lainnya .Bagian yang dimanfaatkan adalah rimpangnya yang beraroma khas .

Pemanfaatan Laos  biasanya dengan memarkan rimpang kemudian dicelupkan begitu saja kedalam campuran masakan . Umbi akar yang seperti jahe (rhizoma).terdiri dari sub unit silindris (potongan melintang sirkuler), bagian permukaannya berwarna pucat kemerahan. , yang berbentuk seperti cincin kecil .Bagian dalamnya mempunyai warna yang sama dengan kulitnya dan mempunyai tekstur yang keras dan berkayu.

Meskipun daun laun juga beraroma , tapi tidak sering dipakai untuk membumbui .Begitu juga bijinya , yang dapat digunakan sebagai pengganti kapulaga.Hangat , manis , pedas .Laos segar mempunyai aroma yang berbeda yang mengingatkan akan cemara daun .Laos kering  lebis pedas dan beraroma manis , hampir seperti kayu manis.

Adapun manfaat Lengkuas , Laos , ataupun  Laja

https://oangsun.blogspot.co.id/2018/03/11-manfaat-lengkoas-laos-atau-laja.html
  1. Membantu pertumbuhan rambut == Penerapan ekstrak laos pada kulit kepala dapat membantu mempromosikan pertumbuhan rambut , yaitu dengan meningkatkan sirkulasi darah dikepala .Untuk penerapannyan, kita bisa mencampurkan ekstrak laos dengan minyak cocoba  lalu menerapkan pada pada kulit kepala atau bagian yang mengalami penipisan rambut . Hal ini akan membantu mempromosikan pertumbuhan rambut baru serta dapat mengatasi kerontokan rambut.
  2. Dapat Mengatasi rambut kering == Ektrak Laos banyak memilki kandungan zinc , vitamin dan juga fosfor yang dapat membantu untuk mengatasi masalah rambut kering .Menjadikan lebih bersinar serta dapat menghilangkan bau tak sedap pada rambut. Selain itu , manfaat laos bagi kecantikan juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut yang mengalami kerusakan akibat polusi maupun kelebihan paparan sinar matahari .
  3. Membantu mengatasi ketombe == Kandungan antiseptik dari ekstra laos dapat membantu mengatasi ketombe yang merupakan masalah umum pada kulit kepala secara permanen .Caranya cukup mudah , yaitu dengan menerapkan minyak  dari ekstrak laos pada kulit kepala .Atau bisa juga dengan menerapkan campuran parutan rimpang laos dengan manfaat lemon , minyak zaitun , atau minyak wijen pada kulit kepala.
  4. Sebagai obat kumur  == Ekstrak dari manfaat laos bagi kesehatan dapat digunakan sebagai obat kumur , Hal ini akan membantu mengatasi sariawan , radang gusi , serta peradangan lain yang terjadi pada mulut dan tenggorokan . Selain itu juga , ektrak laos dapat membantu mengatasi bau mulut , (Halitosis)
  5. Mengatasi gangguan Pernapasan == Laos mengandung minyak essential volatile d'Amali . Dimana dibeberapa negara seperti Cina dan India utara hal tersebut digunakan untk membantu pengobatan keluhan pernapasan pada anak - anak , seperti peradangan yang terjadi pada selaput lendir (bronkus)
  6. Sakit Limpa , dapat diatasi dengan bahan 2 rimpang  lengkuas sebesar ibu jari , 3 rimpang umbi temulawak sebesar ibu jari dan 1 genggam  daun meniran . Caranya adalah rebus semua bahan  dengan 3 gelas air sampai mendidih.Kemudian setelah matang diminum 2 kali sehari 1 cangkir , pagi dan sore.
  7. Mengobati Panu , sediakan rimpang umbi lengkuas dan kapur sirih secukupnya , caranya adalah kedua bahan ditumbuk sampai halus , kemudian digosokkan pada bagian panu tersebut , pagi dan sore
  8. Mengobati batuk bronkhitis , Bahan yang disediakan adalah rimpang umbi lengkoas , temulawak dan halia masing-masing dua rimpang sebesar ibu jari  , keningar , 1 genggam daun pecut kuda ,0,5 daun iler , daun kayu manis secukupnya.Cara membuatnya adalah tumbuk semua bahan yang tadi kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih , setelah itu minum 2 kali sehari pagi dan sore.
  9. Membangkitkan gairah sex , Bahannya dua rimpag umbi lengkuas sebesar ibu jari , 3 rimpang umbi halia sebesar ibu jari dan dua buah jeruk nipis , 1 sendok teh merica , 1 sendok teh garam dan 1 ragi tape . Cara membuat , umbi lengkuas dan halia diparut dan diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan bahan-bahan yang lain dengan 0,5 gelas air masak sampai merata.kemudian diminum.
  10. Obat Rheumatik , sediakan 2 rimpang lengkuas sebesar ibu jari dan 1 butir telur ayam kampung , caranya adalah lengkuas diparut dan diperas untuk diambil airnya , telur ayam kampung mentah dipecah untuk diambil kuningnya, kemudian kedua bahan tersebut dioplos sampai merata.Kemudian diminum 1 kali sehari.
  11. Morbili dengan cara menyediakan 4 rimpang umbi lengkuas sebesar ibu jari , 1 sendok teh minyak kayu putih , dan dua sendok teh minyak gandapura. Caranya adalah laos diparut  halus , kemudian dicampur dengan bahan lainnya sampai halus , penggunaannya adalah untuk obat luar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Manfaat Lengkoas , Laos , atau Laja "