Sejarah Agama Hindu di Indonesia

https://oangsun.blogspot.co.id/2018/03/sejarah-agama-hindu-di-indonesia.html

Setelah masuknya budaya India ke Indonesia , budaya asli Indonesia mengalami perubahan yang sangat besar .Sejak saat itu mulai didapatkan keterangan -keterangan tertulis yang menceritakan tentang kehidupan nenek moyang kita .Dan perlu diingat bahwa dengan masuknya budaya dari India ini , berakhirlah jaman pra sejarah di Indonesia.

Hasil-hasil budaya yang dibawa oleh masyarakat India ke Indonesia beraneka ragam .Ada yang berupa seni arsitektur , seni pahat , seni patung , pandangan hidupa dan lain-lain .Adapun mengenai pandangan hidup ini , dalam budaya India bersumber pada dua agama yaitu Hindu dan Budha.

Pandangan hidup ini bersumber pada agama Hindu ajaran-ajaran nya tercantum dalam kitab diantaranya yang paling utama adalah :

  1. Kitab Weda (Veda) adalah kitab suci yang berisi tentang ajaran -ajaran Hindu yang tertinggi
  2. Kitab Brahmana adalah Kitab suci yang menguraikan hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan sesajen berikut upacaranya
  3. Kitab Upanisyad adalah kitab suci yang berisi-isi tentang ajaran ketuhanan dan makna hidup.
Dalam agama Hindu dikenal adanya kepercayaan Polytheis (menyembah banyak dewa).Mereka mengenal adanya tiga kesatuan dewa tertinggi yang disebut dengan Trimurti , ketiga dewa ini merupakan dewa utama agama Hindu yang membawahi berbagai macam dewa-dewa lainnya .Adapun ketiga dewa tersebut adalah :

https://oangsun.blogspot.co.id/2018/03/sejarah-agama-hindu-di-indonesia.html

  1. Dewa Brahma  yang berkedudukan sebagai Dewa Pencipta
  2. Dewa Wisnu yang berkedudukan sebagai Dewa Pemelihara
  3. Dewa Syiwa yang berkedudukan sebagai Dewa Pembinasa
Diantara ketiga dewa ini yang paling banyak disembah oleh para penganut agama Hindu adalah Dewa Wisnu dan Dewa Syiwa , dimana sebagai tempat  penyembahan terhadap dewa-dewa ini berpusat di candi-candi.

Kemudian mengenai struktur masyarakat pada agam Hindu dikenal adanya golongan masyarakt yang dikenal dengan istilah kasta . Adapun kasta dalam agama Hindu dibagi kedalam 4 kasta yang dikenal dengan nama caturwarna yaitu : 
  • Kasta Brahmana  adalah kasta yang anggotanya terdiri atas pendeta-pendeta , kasta ini merupakan kasta tertinggi
  • Kasta Ksatria adalah kasta yang terdiri atas golongan raja dan kaum bangsawan
  • Kasta Waisya , adalah kasta yan terdiri dari golongan  buruh menengah dan pedagang
  • Kasta Sudra adalah Kasta yang anggotanya terdiri atas golongan petani , buruh , dan budak .Kasta ini merupakan kasta yang paling rendah dalam agama Hindu .
Pembagian Kasta dalam masyarakat Hindu ini didasarkan kepada keturunan buka didasarkan setelah mereka ada didunia.

Contoh : Seseorang yang berasal dari kasta Sudra tidak bisa menjadi kasta Waisya , Ksatria atau pun Brahmana , walaupun dalam perjalanan hidupnya ia menjadi pedagang kaya aatau buruh menengah.

Selanjutnya mengenai , hasil budaya masyarakat hindu dibidang sastra , mereka sudah menduduki tingkat tinggi dan terkenal , Bahasanya yang terkenal dengan bahasa Sanskerta , dengan menggunakan huruf Pallawa . Adapun hasil - hasil dibidang sastra berupa buku antara lain :

  1. Kitab Purana , yaitu kitab suci yang dipakai terutama bagi masyarakat Hindu yang memuja Dewa Wisnu dan Syiwa .Isi dalam kitab ini tentang berbagai cerita kuno antara lain mengenai Kehidupan para Dewa , Penciptaan Dunia dan Sejarah raja-raja yang memerintah diatas dunia
  2. Kitab Mahabarata , yaitu kitab yang menceritakan tentang perang Bharatayudha antara Kurawa dan Pandawa .Kedua kerajaan ini sama-sama keturunan Bharata .
  3. Kitab Ramayana , yaitu kitab yang menceritakan tentan peperangan antara Sri Rama melawan Rahwana (Dasa Muka ).Latar belakang terjadinya perang ini adalah akibat diculiknya permaisuri Sri Rama yang bernama Dewi Sinta oleh Rahwana.Dalam perang ini Sri Rama dibantu oleh pasukan kera dibawah pimpinan Subali dan Hanoman.
Cerita Mahabrata dan Ramayana ini sangat disenangi  oleh Masyarakat Indonesia , terutama pada masyarakt Jawa dan Bali yang ditunjukan dengan pagelaran tari.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Agama Hindu di Indonesia"