Manfaat Lada atau Sahang

https://oangsun.blogspot.co.id/2018/03/manfaat-lada-atau-sahang.html

Di Indonesia , lada terutama dihasilkan di Pulau Bangka .Di Majalengka lada disebut sahang  dalam bahasa sunda . Lada atau merica (Piper Nigrum L) adalah tumbuhan penghasil rempah-rempah yang berasal dari bijinya .Lada sangat penting dalam komponen masakan dunia . Pada masa lampau hargaya sangat tinggi sehigga memicu penjelajah Eropa berkelana untuk memonopolii lada dan mengawali sejarah kolonisasi Afrika , Asia dan Amerika .

Lada merupakan tanaman herba tahuana , memanjar , batang bulat , beruas , bercabang ,mempunyai akar pelekat , warna hijau kotor , daun tunggal , bulat bertelur , pangkal bentuk jantung , ujung runcing , tepi rata , panjang 5-8cm ,lebar 2-5cm , pertulangan menyirip , warna hijau , bunga majemuk , bentuk bulir , menggantung panjang 3,5-22 cm , warna hijau , buah buni , bulat , buah muda berwarna hijau dan setelah tua berwarna merah .

Jenis - jenis lada 


  1. Lada hitam , dari lada tak terlalu tua . Lada ini dipetik kemudian dikeringkan bersamaan dengan kulit .Sehingga membuat permukaan lada ini keriput.Biasanya ditemukan dalam butiran maupun halus 
  2. Lada putih , dari lada berusia tua lalu dikupas dan dikeringkan kulitnya .Dengan menyangrainya akan membuat aroma lebih tajam .Rasanya yang pedas sangat khas .Dijual dalam bentuk utuh maupun halus.
  3. Lada hijau , dipetik saat masih muda .Warnanya masih kehijauan .Dijual dalam bentuk kering maupun segar juga dalam rendaman larutan bumbu.
  4. Lada merah , memiliki rasa tidak pedas dan lebih manis .Dijual dalam bentuk kering maupun segar .
MANFAAT LADA HITAM 
https://oangsun.blogspot.co.id/2018/03/manfaat-lada-atau-sahang.html

  • Lada memiliki  sifat anti inflamasi dan anti bakteri , lada dapat menyingkirkan ketombe .caranya dengan mencampur satu sendok teh lada hitam yang telah hancur bersama dengan yogurt yang plain oleskan pada kulit kepala .Tinggalkan disekitar setengah jam .Bilas rambut dengan baik .Jangan gunakan shampoo dulu pada tahap ini .Kemudian cuci rambut dengan shampoo .Jangan terlalu banya menggunakan lada ini karena dapat menyebakan kulit kaepala terbakar.
  • Membantu orang mengalami anoreksia , lada dapat meningkatkan pencernaan dan merangsang selera makan , lada hitam juga dapat menjadi obat alami yang bagus untuk orang-orang dengan anireksia( dimana seseorang dengan kondisi tidak makan)dengan membantu mereka untuk mendapatkan kembali nafsu makan .
  • Mencegah Kanker , lada hitam dapat mencegah tumor payudara , bila dikombinasikan dengan kunyit yang memiliki sifat antikanker maka akan menghasilkan efek semakin tinggi.
  • Lada hitam kaya akan Vit C , A , Flavonoid karoten dan anti oksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas berbahaya dan melindungi tubuh dari kanker dan penyakit. dengan cara menambahkan satu sendok teh bubuk merica kedalam makanan sehari - hari .
  • Meredakan perut kembung, sifat karminatif nya yaitu zat yang dapat mencegah pembentukan gas .
MANFAAT LADA PUTIH

https://oangsun.blogspot.co.id/2018/03/manfaat-lada-atau-sahang.html

  • Lada putih  membantu mengurangi arthritis , sifat antiinflamasi bermanfaat bagi semua orang yang memiliki arthritis dan menderita pembengkakan otot dan nyeri
  • Capsaicin dalam lada putih membantu menurunkan berat badan
  • Menyembuhkan sakit kepala 
  • Mengobati kanker
  • Mengobati batuk dengan mengkonsumsi bubuk lada putih ditambah dengan sedikit madu , madu dan lada putih jika digabungkan memiliki sifat anti biotik dan juga menghasilkan panas .
MANFAAT LADA MERAH

https://oangsun.blogspot.co.id/2018/03/manfaat-lada-atau-sahang.html

  • Lada merah mendukung program diet , karena membakar lemak dan menurunkan berat badan .
  • Mengobati meriang dengan mencampurkan lada merah dengan sup .
  • Sering masuk angin maka dengan sering mengkonsumsi lada merah masuk angin pun tidak akan mampir lagi.
  • Memiliki kandungan Vit C
  • Mempercepat penyembuhan luka , karena lada merah berfungsi memperbaharui sel-sel tubuh anda .
  • Obat Ketombe 
Dan untuk manfaat lada hijau tidak jauh berbeda dengan manfaat ketiga lada diatas . semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Lada atau Sahang "