Cerita Singkat Samurai X Ruroni Kenshin Hitokiri Battousai

     
    Tahun 2000 semasa saya masih SD film ini sangat favorit sekali saya tonton , ketika itu film Samurai X ini pertama kali ditayangkan disalah satu televisi swasta yakni SCTV (Surya Citra Televisi ) pada jam 15-00 sampai dengan 16-00 WIB ,ya sehabis pulang MD (Madrasah Diniyah) saya langsung buru pantengin film ini  klo pulangnya jam 3 an sore ,  SCTV dulu dan sekarang beda sekali setiap sore selalu ada film kartun dimulai dari Cooking Master Boy , Yanda Kame ,BT X dan masih banyak lagi . SCTV waktu itu bekerja sama dengan channel luar negeri "ANIMAX ",Samurai X mulai tayang di Indonesia pada tanggal 6 Maret 2000 s/d Kamis 14 Juli 2000,program anak-anak dan remaja  ini  mendapatkan respon dan rating yang tinggi dan memuaskan (PG-PG13 -Teenager).Film Samurai X ini didistribusikan oleh perusahaan Columbia Pictures / Sony Pictures Television. Ini baru Samurai X musim pertama, musim kedua samapai kelima belum tayang di Indonesia.OST .Samurai X cukup laris dan akrab ditelinga pendengar musi Japanese -Music .
Berikut lagu - lagu pembuka Samurai X
1."Sobakasu " oleh Judy dan Mary (episode 1-38)
2."1/2"oleh Kawamoto Makoto( episode 39-82 )
3."Kimi ni Fureru Dake de "oleh Curio ( episode 83-95)
Berikut lagu - lagu penutup Samurai X
1."Tactics"oleh The Yellow Monkey ( episode 1-12)
2."Namida wa shitte iru"oleh Mayo Suzukaze (episode 13- 27)
3"Heart of Sword-Yokae Mae"oleh T.M.Revolution(episode 28-38,43-49)
4.Fourth Avenue Cafe "oleh L'Arc~en~ciel(episode 39-42)
5."Its Gonna Rain"oleh Bonne Pink ( episode 7-82)
6."1/3 no junjo na kanjo"oleh Shiam Shade (episode7-82)
7."Dame!"oleh You Izumi (episode 83-95)
     Di Indonesia film Samurai X atau nama aslinya Robby versi animasi/ kartun yang ditayangkan di SCTV .Aslinyanya ada 95 episode , tapi di distribusikan di Indonesia cuma 85 episode ,karena ada SENSOR dan demand marketing , beberapa tahun kemudian , RCTI,ANTV ,TRANSTV serta GLOBALTV menayang ulang kembali serial ini .Samurai X memiliki judul asli Ruroni Kenshin ialah manga dan anime karya Nobuhiro Watsuki yang berlatar belakang awal dari era Meiji di Jepang .Manga ini terbit di majalah mingguan Shonen Jump dan telah dibukukan menjadi 28 seri buku .Di Indonesia manga ini diterbiykan oleh Elex Media Komputindo pada tahun 2002 dengan judul Samurai X.
     Manga ini bercerita tentang seorang Samurai dari kelompok Chosu yang telah berhasil memenangkan pertempuran pada jaman ke-shogun-an Tokugawa yang pada akhirnya membentuk jaman baru di Jepang yang disebut jaman Meiji .Pada jaman Meiji , seseorang tidak lagi diperbolehkan membawa pedang dijalanan.
     Pada zaman ini , Kenshin Himura atau lebih dikenal sebagai "Hitokiri Battosai" atau Batosai si pembantai,menyesali perbuatannya di masa lalu yang telah membunuh banyah orang , dan dia bersumpah untuk tidak membunuh seorang pun dimasa ini , untuk itu Kenshin menggunakan pedang "SAKABATOU",yang bermata tajam terbalik.
          Nama Samurai X pertama kali digunakan oleh ADV Film dalam merilis anime Rrouni Kenshin di Amerika . Nama ini diambil dari tanda codet berbentuk X di wajah kenshin.

Tokoh Utama

  1. Kenshin Himura
     Adalah seorang samurai legendaris yang berumur 19 tahun yang lahir dibulan 20 juni 1849 ciri rambutnya jabrig merah  , memakai kimono merah dengan tinggi 158 cm berat badan 48 Kg golongan darah AB kepribadiannya adalah memiliki kemauan yang sangat kuat dan itulah yang membuatnya dapat mengalahkan semua  musuh-musuhnya , ia juga menghargai hidup manusia dan bersedia untuk berkorban untuk menyelamatkan orang lain,untuk beberapa tahun dia hidup menjadi Battousai , si pembantai,dia adalah yang terbaik dari semua pembunuh bayaran , dia memiliki teknik yang sempurna .Dia sukses berkat Shishio Seijuro . Kenshin adalah satu-satunya pembantai yang ditakutkan pada masa Revolusi Meiji .Setelah peperangan berakhir dan kematian istrinya Tomoe Himura , dia berjanji tidak akan membunuh lagi karena memorinya telah mati. Dia menjuluki dirinya dengan Kenshin dan menjadi seorang pengembara , menggunakan pedang dengan mata pisau terbalik , dan dilahirkan hanya untuk menjaga orang yang dia cintai , dia memiliki gaya berpedang Hiten Mitsurugi Ryu dari Seijuro Hiko.
      Beberapa tahun kemudian ,dia melihat , merasakn , dan hidup dari darah para musuhnya.Pembunuhan terjadi dari ketakukan da perlawanan dia .Dia ingin keluar dari hidup ini dan hidup damai .Pengembara samurai itu telah melupakan masa lalunya dan kini ia menjalani hidupnya yang sekarang.Si samurai tidak pernah lagi menggunakan pedangnya lagi . Dia memiliki pedang baru , mata pedang terbalik dia berjanji tidak akan membunuh lagi .Tapi suatu waktu , Battousai tidak pernah mati , berjumpa dengan musuh dan sahabat-sahabatnya
     2 . Kaoru Kamiya "Racoon Girl"

     Dia adalah gadis 17 tahun yang lahir tanggal 2 Juni 1862 yang bekerja sebagai guru Kendo dengan ciri ikat kepala pink , anak dari Kamiya Koshijiri (Alm) , bersuami  Kenshin Himura dan memiliki anak Kenshin Himura.Dia adalah gadis yatim piatu.Dia adalah guru dari sekolah kendo dari Tokyo bernama Kamiya Kasshin Ryu, dia adalah assisten pelatih dari gaya pedang Kamiya Kasshin, dengan menguasai teknik berkelahi Kamiya Kashin Ryu Kendo , dia memiliki tinggi 155 cm berat badan 41 Kg . Senjata yang dipakainya adalah Shinai (Bamboo Sword) kepribadiannya adalah memiliki sifat gampang marah , namun manis , bagaiman pun juga dia adalah orang yang baik hati.Sekolah mulai kehilangan semua  siswa bila imposter mulai membunuh sejumlah besar orang dan mengklaim sebagai "Hitokiri Battaousai dari Kamiya  Kasshin Ryu .Kaoru mendapatkannya tetapi sebelum dia dibunuh dia diselamatkan oleh Hitokiri Battousai , sekarang menjadi pengembara Kenshin Himura kepadanya dia menawarkan untuk tinggal di dojo sebagai catatan Kenshin  dialah orang yang lemah lembut , bukan dari hitokiri . Selanjutnya Kauro jatuh cinta kepada Kenshin , yang selalu salah berkomitmen tentang masa lalunya , dan dia percaya percaya bahwa dirinya tidak pantas bahagia .Setelah insiden Gohei ,tempat latihannya dibuka kembali hanya dengan 1 murid  dan selanjutnya 2 . Beranjak dewasa dia sangat dengan Kenshin . Dia menikah dengan Kenshin dan dikarunia anak yang diberi nama Kenji.

       3 .   Sanosuke Sagara

      
         Adalah seorang laki- laki  yang berumur 19 tahun ciri-ciri rambut coklat , mata cokelat,dia seorang anggota Sekihoutai , sekelompok bersenjata yang mengajak warga untuk mendukung pemerintahan Meiji .Diakhir revolusi , Ishin-ishin (Imperialis mengecap Sekihoutai sebagai penipu, penyebar berita hoax tentang pajak, dan akhirnya seluruh anggota Sekihoutai di eksekusi , Sanosuke merupakan satu-satunya anggota yang masi hidup , sejak itu Sanosuke hidup sebagai petarung dan sangat benci imperialis.
       Bertahun-tahun ia mengembara melewati Edo, suatu hari ia bertemu dengan seseorang yang bernama Gohei , dan ditawari untuk membunuh Kenshin .Melihat Battousai merupakn imperialis terkuat , ia menyetujuinya .Saat bertarung dengan Kenshin , Sano terkalahkan oleh jurus Kenshin ,Hitten Mitsurugi, yang juga merusai Zanbotenya nya .Walaupun sebenarnya Sano memiliki kekuatan yang
besar dan stamina yang tinggi.
      Akhirnya Sano memutuskan untuk bergabung dengan Kenshin dan teman-temannya karena melihat Kenshin sangat mirip dengan idola masa kecilnya , Kapten Sagara yang nama nya dia gunakan sebagai nama belakang Sano.Dia belajar banyak tentang futail no kiwami dari biksu Anji . Setelah menjadi buronan di Jepang dia pindah ke Tiongkok.

       4.   Megumi Takani

        Adalah dokter cantik yang sangat pintar tapi cerewet, dia berubah hidupnya setelah diselamatkan Sanasuke ketika dia mencoba bunuh diri.

         5.   Yahiko Myojin
  
     Yahiko Myojin lelaki yang berumur 10 tahun , ini lahir pada bulan Januari 1869, dengan ciri khas rambut jabrig , bertubuh kecil.dia menguasai teknik berkelahi "Kamiya Kasshin Ryu"dengan memiliki tinggi 128 cm dan berat 23 Kg ,golongan darah B , memiliki senjata Shinai , dia pun menyukai  Tsubame , namun dia memiliki kepribadian yang sangat mudah marah.
     Ayahnya adalah seorang samurau yang tewas demi membela negaranya , ibunya meninggal karena sakit keras .Kemudian sebuah kelompok mengambilnya dan menyuruhnya bekerja sebagai tukang copet.Seta Soujiro "The Smiling Killer ", itulah sebutan kepadanya .Disebutkan juga bahwa kelebihan utama soujiro yang jarang dimiliki orang lain adalah kemampuannya dalam mengendalikan emosi .Dia tidak pernah ragu untuk menjalankan nya dengan senyuman diwajahnya .Kita tentu heran bagaiman seseorang bisa mempunyai kemampuan bersikap seperti itu.
     Kalau menengok kembali diawal kisah hidupnya pada saat dia masih kecil , ia adalah seorang anak hubungan haram yang kehadirannya tidak diharapkan oleh saudara-saudaranya orangtuanya dulu yang sudah dipukuli . Namun ia selalu menghadapinya dengan tersenyum.

Tokoh Pembantu / Tambahan

       1. Aoshi Shinomori


           Adalah pemimpin group Oniwaban . Dia adalah tentara sewaan dalam revolusi.Dia harus mengalahkan Battaousai si pembantai .Setelah dikalahkan Kenshin , Aoshi belajar tentang kehidupan dan kehidupan itu untuk apa . Aoshi lebih baik diam dan menyimpan pemikirannya untuk dia sendiri.
           
       2. Hajime Saitou

        

Adalah pemimpin 3 pasukan dari Shinsegumi pada Revolusi Meiji ,dia melaean Battousai sipembantai dengan teknik pedang Gatostu

       3.Seijuro Haiko
    

        Adalah generasi kelima dari Hiten Mitsu Ryuu . Dia memberikan nama kenshin yang sebelumnya adalah Shinta , karena nama itu tidak cocok untuk pejuang . Dia mengajarkan Kenshin ilmu pedang Hiten Mitsurugi Ryuu, KuzoRyuu Sen dan Amakekeru Ryuu No Hirameki .Dia senang memanggil Kenshin dengan sebutan murid yang bodoh.  

         4.Shishio Makato 


Adalah musuh besar Kenshin 
              
             5. Amma Al idsa 
              Saujiro generasi ke 8 Hiten Mitsurugi dari Seijuro tapi belum masuk DVD

Robohnya  Pasukan Shogun Era Tokugawa
Sebelum restorasi meiji , Jepang memiliki pasukan shogun selama 200 tahun lebih ,setelah pertarungan dengan Sekigahara , pada tahun 1600 an , Tokugawa leyasu menyatukan Jepang dan menyatakan dirinya sebagai shogun , memerintah Jepang.
Setelah periode Tokugawa (1600  - 1858) dijepang dibagi tiga kelas kedudukan yaitu:
  1. Bangsawan
  2. Samurai 
  3. Petani
     Bangsawan membuat peraturan, samurai menjalankan peraturan , petani mematuhi peraturab itu,tidak tahu  kenapa , petani memproduksi makanan itu untuk makan ketiga kelas itu , pajak datangnya dari beras dan dari pajak itu diberikan ke daimyo (pemimpin daerah).Setelah mulainya periode Tokugawa , muncullah kelas ke empat yaitu pedagang , para pedagang itu tertindas karena mereka tidak memberikan atau menghasilkan apa-apa.
      Lalu ketika laksaman perry berlayar menuju Tokyo dan diperintah oleh Jepang untuk membuka jalu perdagangan , para petani jepang merasa tidak senang , mereka berhutang , dan kaum samurai lemah tak berdaya,dan pemerintah dapat menanggulanginya sendiri , pedagang salah satunya yang dapat memgang peranan penting dalam kekuasaan . Akhirnya , pemerintah pun mengetahui bahwa mereka tidak dapat  menolak US.

Restorasi Meiji 
      Bagaimana pun , banyak perdebatan yang terjadi awal revolusi . Rakyat menilai pemerintah sangat lemah, sejak mereka menerima keberadaan US .Banyak masyarakat takut bahwa hubungan pembaharuan dengan dunia luar akan mengakibatkan bencana , Pemberontakan Ishin lahir dari kejadian ini , dan mengingikan Jepang kembali ke sebelumnya.Motto mereka adalah SONNO JOI artinya hormati kaisar dan usir kaum primitif . Tapi mereka hanya mendapatkan pada bagian awal saja .Pemberontakan Ishin (sdimana Kenshin dan Shishio adalah bagian dari Ishin menyatakan legitimasinya kepada kaisar dan mengembalikan tahta kepadanya .Setelah semua itu , imperialisme melanda seluruh asia termasuk indonesia , tapi Jepang tidak ingin dijadikan koloni negara eropa , sehingga mereka memutuskan ikut bersaing memperebutkan kekuasaan.
     Kenshin tidak berperang untuk Ishin tapi untuk dirinya sendiri , dia tidak ingin berperang terus dan berperang hanyalah untuk melindungi dirinya sendiri dan orang yang dia sayangi . Kenshin tidak pernah memnemukan kedamaian pada masa era Meiji.
        Beda cerita dengan saito , sejak dia bertemu dengan shinsengumi , dia mengikuti ajaran kepercayaan San Zoku An atau ajaran sesat . Kepercayaan inilah yang membuat dia masuk pasukan keamanan Meiji . Muncullah ide untuk menjatuhkan Kenshin .Setelah berdirinya pemerintahan yang terlegistimasi , para pemimpin memutuskan bahwa Shishio telah mengetahui banyak , pengetahuan sangat banyak dan berbahaya dan dapat menghancurkan pemerintahan Meiji .Jadi rencana mereka ingin membakar Shishio.


Manga

 Manganya muncul tahun 1994 , dan dibuat secara series oleh Watsuki Nobuhiro.Menurut pengarangnya ceritanya hanya 10 volume , dan bisa dipersempit lagi menjadi 3 atau 4 volume saja , kenyataanya manga tersebut laris dipasaran sehingga diperpanjang menjadi 23 volume.
Kenshin menjadi inspirasi pembuatan oleh watsuki , setelah beberapa pertimbangan , akhirnya dia memilih latar belakang cerita manga yang dibuatnya yaitu pada masa era Meiji , karena dia terinspirasi dari novel yang pernah dia baca .Ketika dia merencanakan  untuk membuat manga menjadi 10 series , dia memutuskan untuk menggunakan cerita 11 tahun periode Meiji , karena selama 11 tahun itu banyak terjadi peristiwa-peristiwa seru.

Anime 

 Di Tv seriesnya dapat dibagi 2 bagian .
       1. Tokyo Chapter.
     Menceritakan Kenshin dan tokoh utamanya membangun Kamiya Doujo , setelah para tokoh diperkenalkan , baru ceritanya memperkenalkan individu setiap tokohnya , banyak cerita yang tak tercantum pada manganya.
       2.Kyoto Chapter
          Bermula dari Kenshin datang ke Kyoto untuk mencegah Shishio dari pemerintahn Meiji .Cerita lainnya adalah dia meninggalkan teman-temannya di Kamiya Doujo dan mendapat teman baru di Kyoto, dia menolak bantuan dari teman-temannya yang baru karena tidak ingin merepotkan dan dipengaruhi oleh teman-temannya .Dia harus menjadi Hitokiri / pembantai lagi  , tentu saja Kaoru  dan yang lainnya tidak boleh ikut pergi ke Kyoto .Chapter Kyoto ini sangat dipengaruhi oleh  cerita manganya.

OVAnya menceritakan kelanjutan dari cerita TV seriesnya. OVA nya memiliki 2 series yaitu
     1.Menceritakan Kenshin sejak awal mula dia menjadi Hitokiri , nama aslinya adalah Shinta, keluarganya dibantai dan dia diselamatkan oleh Seijuro Hiko dan dia mengganti nama Shinta menjadi Kenshin Himura ,dia belajar ilmu pedang dari Seijuro dengan jurus pedang Hiten Mitsurugi .
    2.Menceritakan Kenshin meninggalkan sifat  Battousainya hingga ia memiliki penyakit dan meninggalkan Sakabatou nya / pedangnya yang kemudian diwariskan kepada Yahiko Myojin .Didalam OVA 2 ini anak Kenshin yang bernam Kenji Himura juga diceritakan ,dia sangat benci Kenshin tapi dia belajar Hiten Mitsurugi kepada Seijuro Hiko,Kenji diwariska pedang Sakabatou nya tapi dia nolak , akhirnya Yahiko Myojin , akhirnya setelah  Yahiko memenangkan pertarungan dengan Kenji akhirnya Kenji menerima pedang itu .Dalam OVA 2 ini adalah akhir dari Rurouni Kenshin , Kenshin Himura meninggal .





Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cerita Singkat Samurai X Ruroni Kenshin Hitokiri Battousai"

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.