Oto Iskandar Di Nata Si Jalak Harupat dari Tanah Sunda

      Sebagai orang Indonesia , apalagi orang sunda pasti tidak ada yang tak kenal sama Oto Iskandar Di nata . Beliau adalah salah satu pahlawan Nasional yang sangat besar jasanya untuk bangsa dan negara Indonesia, jasa -jasa beliau sangat banyak di sejarah kemerdekaan , kita bisa mendengarkan , bagaimana harusnyan suara Pak Oto  waktu mengeluarkan rasa keinginan  bangsanya di sidang -sidang volkraad , beliau tetap dalam pendiriannya ,yaitu ada dua pilihan untuk bangsa belanda : cepat angkat kaki dari tanah jajahan atau harus diusir!.
      Di Sidang rakyat tahun 1931 , Pak Oto sudah menegaskan pendirian bangsa Indonesia  bakal merdeka, yang namanya hidup merdeka sudah pasti jadi sipat semua yang hidup, jangan kan manusia , binatang pun sama saja, Bangsa Indonesia pasti akan merjuangkan kemerdekaaanya sekuat tenaga sampai titik darah penghabisan.
      Pa Oto asli orang Desa Bojong soang , Bandung . Dilahirkan pada tanggal 31 Maret 1897 . Dari masa kecil saja sudah kelihatan bakat dan kemampuan yang menonjol dari pada anak yang lain , tapi setiap hari  beliau suka gaul dengan anak -anak rakyat biasa.Cita-cita Pak Oto ingin menjadi seorang guru sebab ingin dan rajin belajar, akhirnya cita - cita nya terlaksana , beliau diangkat jadi guru di wilayah Banjarnegara, Jawa Tengah , dari situ  terus dipindahkan ke Bandung.
     Sebenarnya dari jaman sekolah guru , Pak Oto sudah teruji dalam kegiatan kaum pergerakan , untuk menjalankan pendiriannya teru masuk ke organisasi Boedi Oetomo , semenjaka tinggal di Bandung , beliau jadi anggota paguyuban pasundan, semenjak di organisasi tersebut nama Pak Oto di percaya kumasyarakat Indonesia , yaitu ketika jadi anggota dewan rakyat, dari pihak pemerintah Belanda , Pak Oto dianggap ketua pergerakan yang tak bisa dianggap gampang, sebab beliau berani menyampaikan aspirasi suara rakyat yang ingin merdeka , karena sebab besar keberaniannya , Pak Oto dijuluki "Si jalak Harupat".Di budaya sunda julukan jalak harupat maksudnya ayam yang selalu tandang , keberanian Pa Oto jugss diibaratkan kepada keberaniannya ayam adu yang tidak pernah kalah.
     Di tahun 1929, Pa Oto terpilih jadi ketua pengurus besar Paguyuban Pasundan, di jaman kepengurusan beliau , oranisasinya maju sekali, seperti bidang politik , ekonomi ,persuratkabaran.
Dina jaman merdeka , Pak Oto diangkat menjadi Menteri Negara kabinet yang baru, di urusan kenegaraan ,sebenarnya dari sebulan sebelum merdeka , beliau juga sudah masuk , Pak Oto masuk kedalam anggota  PPKI Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang diantaranya punya tugas nyusun UUD 1945 dan Pancasila.
    Akan tetapi , di bulan Oktober 1945 Pak Oto ada yang menculik , beliau dianiyaya sampai meninggal dunia ,ku orang-orang yang tidak bertanggung jawab .Sekarang Pak Oto sudah tidak ada , akan tetapi semangat dan cita-cita masih ada , membara di jiwa bangsa Indonesia , untuk memperingati jasa Pak Oto Iskandar Dinata , tiap tanggal 31 Maret ,di peringati hari lahirnya , serta diteruskan ziarah ke Pasir Pahlawan , yaitu makam Pak Oto Iskandar Dinata , dijalan ke Lembang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Oto Iskandar Di Nata Si Jalak Harupat dari Tanah Sunda"